Usaha franchise makanan akhir-akhir ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Apalagi makanan kekinian, Franchise Makanan Korea salah satunya. Banyak orang yang memilih membuka usaha ini karena melihat peluang yang besar dalam sektor ini.
Apa Sih Franchise Makanan Korea Itu?
Sebenarnya
Franchise Makanan Korea sama dengan gerai waralaba pada umumnya. Tapi
apa sih franchise itu? Franchise atau yang biasa disebut waralaba
adalah bisnis dimana seseorang membuka usaha dengan merek dagang, produk, dan
bahan dari bisnis yang sudah ada.
Jadi
waralaba ini memperluas suatu merek dagang, guys. Sistemnya yaitu
pemegang franchise membayar royalti kepada franchisor (pemilik)
untuk menggunakan merek dagang, logo, sistem bisnis, dan hak untuk menjual
produk.
Franchise
dibagi menjadi dua bentuk, yaitu pertama pemilik menjual atau melisensikan
haknya untuk memakai merek dagang tertentu. Yang kedua, pemilik bisnis
menyediakan layanan dan dukungan untuk pemegang franchise. Biasanya
waralaba menggabungkan kedua bentuk ini.
Sejauh
ini apakah kalian sudah memahami apa itu franchise? Lalu contohnya
seperti apa sih? Kalian tau McDonald dan CFC? Mereka adalah contoh-contoh
waralaba yang sudah terkenal di seluruh dunia. Apa ada yang dari Indonesia? Ada
dong! Contohnya seperti Geprek Bensu, Jco Donuts, Ngikan Yuk, Es Teler 77, dan
masih banyak lagi.
Rekomendasi Waralaba Makanan Korea
Bagi
kalian yang ingin membuka usaha ini dan ingin terjun di bidang kuliner Korea, kami
akan merekomendasikan beberapa waralaba makanan Korea yang sudah terkenal di
Indonesia. Check it out!
1. Holdak Indo
Source: Instagram |
Holdak Indo adalah franchise terkenal di Indonesia yang merupakan waralaba dari PT. Holdak Anugerah Citarasa. Brand ini menyajikan berbagai masakan negeri ginseng terutama dari kota pelabuhan Korea, yakni Busan.
Kalian
bisa menemukan Holdak di beberapa tempat, seperti Trans Studio Makassar,
Summarecon Mall Bekasi, dan Supermal Karawaci. Untuk membuka bisnis ini, kalian
memerlukan modal sekitar 100 juta rupiah, guys. Harga tersebut sudah
termasuk franchise fee 50 juta rupiah, both 30 juta rupiah, dan
peralatan dapur 20 juta rupiah.
2. Moshi-Moshi
Source: Instagram |
Brand waralaba selanjutnya adalah Moshi-Moshi. Bisnis ini mengusung konsep Korean street food dan makanan Jepang. Konsumen bisa membeli berbagai makanan disini. Mulai dari yang dimasak dengan cara grill, sate, hingga digoreng.
Nah,
untuk membuka gerai Moshi-Moshi, kalian memerlukan modal sekitar 50 juta.
Nantinya modal tersebut digunakan untuk menyiapkan gerobak dan bahan
baku.
3. SamWon
Source: Instagram |
Rekomendasi selanjutnya adalah SamWon. Brand ini menawarkan 6 tipe franchise yang bisa kalian pilih. Antara lain SamWon House, Restaurant, SamWon Express Type Food Court, SamWon Express Type Restaurant, K-Drink Type Cafe, dan K-Drink Type Island.
Jika
kalian tertarik untuk menjadi pemegang waralaba ini, kalian harus menyiapkan
biaya pendaftaran sebesar 1 juta rupiah per kategori menu dan biaya member 100
ribu per bulan.
4. SIMHAE Korean BBQ
Source: Instagram |
SIMHAE Korean BBQ telah berdiri sejak tahun 2019 tepatnya di bulan Maret. Franchise Makanan Korea ini telah menjadi market leader di pasar AYCE. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, lho. Bahan yang digunakan pun daging impor berkualitas.
Brand
ini telah tersebar di beberapa kota besar Indonesia. Seperti di Jakarta, Jawa
Barat, Jawa Timur, Tangerang, Kalimantan, dan Sumatera. Jika kalian ingin
bergabung dengan mereka, kalian bisa menghubungi Instagram mereka di
@simhae.indonesia.
5. Korea Bokki Bowl
Source: FJB Kaskus |
Bagi kalian yang ingin membuka usaha makanan ini dan memiliki budget yang tidak terlalu banyak, kalian bisa memilih Korea Bokki Bowl, nih. Modal yang perlu disiapkan sekitar 30 juta rupiah untuk cafe kecil dan 50 juta rupiah untuk cafe premium.
Korea
Bokki Bowl yang berdiri sejak tahun 2012 ini telah menjadi salah satu penyedia
makanan Korea yang terkenal di Indonesia.
6. Posarang
Source: Instagram |
Posarang adalah waralaba K-Food yang mengusung konsep Korea namun disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Mereka menyediakan dua paket, yaitu paket kemitraan gerobak dan paket kemitraan gerobak plus.
Franchise
ini juga membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak. Untuk paket kemitraan
gerobak sebesar 40 juta rupiah dan paket kemitraan gerobak plus sebesar 55 juta
rupiah. Kedua paket tersebut memiliki biaya manajemen sebesar 5% per
bulan.
7. Kimbab Ina
Source: Instagram |
Satu lagi waralaba yang hanya membutuhkan modal yang relatif sedikit, yaitu Kimbab Ina. Franchise ini menggunakan bahan-bahan yang diimpor langsung dari Korea, lho. Menu yang disediakan pun dari bahan yang berkualitas.
Kimbab
Ina menyediakan beberapa paket, antara lain.
ü Paket
Agasi Korean Street Food 7 juta rupiah
ü Paket
Orini Korean Yangnyom Chicken 4.7 juta rupiah
ü Paket
Samonim Korea Yangnyom Chicken 9.8 juta rupiah
ü Paket
Omoni Korean Street Food 12 juta rupiah
ü Paket
Aboji Korean Street Food 15 juta rupiah
ü Paket
Puja Saran Korean Yangnyom Chicken 30 juta rupiah
8. Mu Gung Hwa
Source: Instagram |
Mu Gung Hwa merupakan franchise yang menjual makanan Korea. Awalnya toko ini hanya ada di Surabaya saja, guys. Tapi sekarang kalian sudah bisa menemukan toko ini di kota besar lainnya, seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Tangerang.
Mereka
menawarkan tiga paket waralaba. Yaitu Stall Outdoor dengan harga 65 juta
rupiah, Stall Indoor dengan harga 90 juta rupiah, dan terakhir kafe dan resto
dengan harga 150 juta rupiah.
9. Lotteria
Source: Instagram |
Lotteria adalah restoran K-Food yang merupakan bagian dari Lotte Group yang didirikan pada tahun 2011. Franchise ini telah memiliki beberapa cabang di berbagai daerah di Indonesia. Menu yang disediakan oleh Lotteria adalah Korean fast food seperti Bingsoo.
Kalian
tau Bingsoo? Bingsoo adalah sejenis es serut rasa kacang merah yang dipadukan
dengan saus caffe bene. Wah, bayanginnya aja udah seger, nih. Mereka
menawarkan investasi sebesar 1.5 miliar.
10. Kkuldak
Source: Instagram |
Korea memiliki banyak variasi menu ayam goreng. Seperti camilan bola-bola ayam goreng saus madu, potongan ayam goreng tepung saus pedas, dan bento isi saus ayam madu. Karena hal tersebut, membawa nama Kkuldak menjadi bisnis waralaba makanan Korea yang terkenal.
Franchise
ini menyediakan berbagai cemilan khas Korea. Seperti Tteokbokki, Chicken Ball,
dan Tater Tos. Kkuldak mulai masuk di Indonesia pada tahun 2014 dan pada saat
itu telah memiliki 3 cabang di Jakarta. Mereka menawarkan nilai investasi
sebesar 800 juta rupiah.
Nah,
itulah beberapa rekomendasi Franchise Makanan Korea yang terkenal dan
bisa kalian jadikan mitra usaha kalian. Kira-kira kalian akan memilih yang mana
nih, guys?
Sumber: IDN Times, kamus.tokopedia.com, paper.id.
Posting Komentar