Haloo pembaca setia Korean Stuff! Kita bertemu lagi nih di cuap-cuap tentang ma blog, hehe. Di episode kali ini, udah kayak film aja wkwk, kita akan berbicara mengenai user persona dan empathy map dari blog ini.
Sebenarnya apa sih dua
istilah di atas? Buat yang udah terjun ke dunia tulis menulis, khususnya copywriting,
pasti pernah mendengar kata ini. Walau mungkin cuma numpang lewat di telinga
atau di beranda sosmed, hehe. Simak penjelasan dibawah ini, yaw.
Apa Itu User Persona dan Empathy Map?
Berdasarkan penjelasan dari
mbak Marita Ningtyas pada kelas Blogspedia Coaching batch 3, user persona
dan empathy map, dua istilah yang biasa digunakan oleh UX writer
atau copywriter yang bekerja di startup. Lalu, apa yang dimaksud
dengan dua istilah ini?
Gambaran User Persona
Gampangnya, user persona
adalah tokoh fiksi buatan seorang designer maupun penulis. Loh, kita kan
sedang bicara tentang tulis menulis bukan design, kok lari kesana?
Jadi, user persona
biasa digunakan oleh penulis untuk menargetkan kepada para pembacanya. Penulis
akan mengira-ngira, siapa sih pembaca tulisan yang dia buat. Dan kira-kira
tulisan seperti apa sih yang akan dituangkan kepada para pembacanya.
Dengan memetakan profil
fiksi dari bayangannya ini, para penulis bisa lebih terarah dalam membuat
sebuah tulisan. Dalam membuat user persona ada dua cara yang bisa
dilakukan oleh seorang penulis, dalam hal ini blogger, ya.
Pertama, jika belum mendaftar
Google Analytics, seorang blogger bisa meraba pembacanya dari dashboard
blogger/blogspot nya, karena saya pengguna blogspot jadi kita bicara blogspot
aja ya hehe. Tepatnya dibagian statistik atau stats.
Yang kedua, jika seorang blogger
sudah menghubungkan blog nya dengan Google Analytics akan lebih mudah. Kenapa?
Karena laporan di GA lebih lengkap dan menurut beberapa sumber, salah satu ‘senjata’
blogging ini lebih lengkap daripada dashboard blogspot.
"Designer nya
gimana nih, mbak?" Sebenarnya sama saja seperti seorang penulis. Orang
yang bertugas mendesain ini juga membuat user persona untuk menentukan
targetnya. Mereka akan meraba-raba siapa yang akan cocok untuk menggunakan
produk yang dibuat. Oh iya, designer yang dimaksud disini adalah desainer
produk, ya!
Gambaran Empathy Map
Saatnya kita berbicara
tentang peta. Ngomong-ngomong soal peta jadi inget jargonnya Dora nih wkwkwk.
Jadi, empathy map ini adalah sebuah alat visualisasi yang digunakan
untuk menggambarkan si pengguna produk, jika dibuat oleh seorang designer
produk, dan si pembaca, jika dibuat oleh seorang penulis.
Jika dalam user persona
lebih ke memetakan profilnya, maka peta ini adalah penjabaran dari sang profil.
Biasanya berisikan bayangan kehidupan yang dijalani oleh sang tokoh fiksi. Yang
umumnya terdiri dari apa yang dilakukan, apa yang dipikirkan, apa yang
dirasakan, dan apa yang dipikirkan.
Profil dari Pembaca Korean Stuff
Oke, sekarang kita akan 'mencoba' memetakan pembaca dari blog yang banyak membahas tentang Korea-koreaan ini. Kok mencoba? Iya, wkwk. Sejujurnya aku agak sulit dalam meraba-raba pembaca dari blog ini.
Karena niat awal membuat
blog ini ya hanya ingin menghailkan sesuatu dari yang aku bisa dan kuasai. Dan
kupikir aku cukup tau hal-hal tentang Korea. Kalo ditanya targetnya siapa,
pastinya KPopers dong atau kalau enggak ya KDrama Lovers.
Ternyata, dalam menentukan
target pembaca sebuah blog tidak semudah itu. Kita sebagai seorang blogger
harus tau hal-hal lain dari target. Seperti umur, demografi, perangkat yang
digunakan, minat dari si pembaca, dan masih banyak lagi.
Sebelumnya aku sudah pernah
membuat dua hal ini untuk tugas sebuah kelas. Tapi, saat itu aku belum paham
sama sekali apa yang dimaksud dengan dua istilah ini. Jadi ya, acakadul
hehe. Kalau untuk yang ini insyaallah udah agak paham lah, ya. Hehe.
User Persona Pembaca
Korean Stuff
- Nama si tokoh fiksi: Mbak Kinar
- Umur: 25 tahun
- Domisili: Jakarta
- Hobi/minat: Olahraga dan tentunya fangirling
- Pekerjaan: Pemilik sebuah olshop
- Pendidikan: S1
- Status: Masih menyendiri dan masih mencintai biasnya tok
- Sosmed dalam kehidupan sehari-harinya: Instagram, Twitter, Facebook, aplikasi chatting WhatsApp, dan Tiktok.
Mbak Kinar adalah seseorang
yang memiliki sopan santun. Dia adalah orang supel, mudah bergaul, dan
mempunyai banyak teman. Mbak Kinar ini adalah orang yang cukup modis namun
masih merakyat. Dia berada di tingkat menengah.
Kegiatan sehari-harinya
adalah mengurus olshopnya yang mulai berkembang dan tidak lupa fangirling.
Karena mbak Kinar ini berminat dengan dunia olahraga, maka dia memiliki prinsip
hidup yang sehat dan tetap enjoy dalam keadaan apapun.
Peta Empati Pembaca Korean Stuff
Saatnya kita jabarkan
kehidupan sehari-hari yang dijalani oleh mbak Kinar sitokoh fiksi. Langsung saja,
check it out!
1. Apa yang Dipikirkan dan Dirasakan
Dalam kesehariannya, mbak
Kinar memikirkan bagaimana cara mengembangkan usaha yang sedang dijalaninya. Meski
dia mempunyai prinsip menjalani hidup yang santuy, tapi dia juga ingin
olshopnya semakin berkembang. Siapa sih yang nggak ingin usahanya berkembang?
Terkadang mbak Kinar juga
merasakan rasa bahagia saat sang idol melaksanakan comeback, olshopnya
mengalami kenaikan, atau saat hal kecil yang diinginkan tercapai. Tapi, mbak Kinar
juga kadang merasa down saat olshop yang dijalankannya sedang mengalami
penurunan.
2. Apa yang Dilakukan
Hal yang biasa dilakukan
oleh mbak Kinar dalam kehidupan sehari-harinya adalah mengurus olshop dan fangirling.
Lagi-lagi kok nge-fangirl. Iya dong, fangirling tuh bisa jadi
sarana menghibur diri loh. Coba aja deh hehehe.
Biasanya, mbak Kinar akan
membicarakan hal-hal yang berbau Korea dengan teman sefrekuensinya. Namun, jika
sudah masuk ke dunia kerja alias ngolshop, mbak Kinar akan menjelma menjadi
pebisnis muda yang profesional.
3. Apa yang Dilihat
Masih berhubungan dengan
pekerjaan, mbak Kinar setiap hari berjibaku dengan sosmed untuk berjualan,
orderan, packing barang, dan hal lain terkait online shop. Namun,
saat dia ingin istirahat sejenak, dia akan beralih menjadi seorang fangirl
dengan menonton video konser, variety show, ataupun drakor.
4. Apa yang Didengar
Mbak Kinar dalam kehidupan
kesehariannya mendengar obrolan tentang dunia perdagangan dan juga dunia
per-KPop-an. Karena mbak Kinar ini tipe orang yang mudah bergaul, dia juga
mendengar obrolan orang-orang disekitarnya.
5. Permasalahan
Meskipun terkesan menjalani
kehidupan dengan santai, bukan berarti mbak Kinar tidak mempunyai sebuah problem.
Dia juga mempunyai beberapa masalah. Seperti toko online nya yang kadang
mengalami penurunan.
Alasan Mbak Kinar Mampir Kesini
Mbak Kinar ingin mencari
informasi mengenai hal-hal tentang Korea. Bukan hanya KPop saja yang dinikmati
oleh KPopers. Ada banyak hal dari negeri ginseng tersebut yang bisa menarik
perhatian. Seperti wisatanya, budayanya, makanannya, dan masih banyak lagi.
Apa Nama untuk Pembaca Korean Stuff?
Mbak Marita berkata, sebuah blog haruslah memiliki sebuah nama panggilan untuk para pembacanya. Hal ini bertujuan agar blog semakin menarik di mata pembaca. Jadi apa nama panggilan untuk blog ini?
Setelah melalui beberapa
pemikiran, aku memutuskan untuk memanggil para pembacaku dengan nama “Keys”. Ada
apa dengan nama ini?
Nggak ada something
special sih karena aku bukan pemikir yang bisa menciptakan sebuah kata
lengkap dengan filosofinya hehe. Alasannya simpel!
Logo dari blog ini adalah
huruf ‘K’ dan ‘S’ yang merupakan inisial dari blog yang logonya warna kuning
ini. ‘K’ dalam bahasa Inggris dibaca kei. Kemudan ditambah dengan huruf ‘S’
sebagai inisial akhir. Jadilah nama “Keys” tersebut yang dalam bahasa Inggris
juga berarti kunci-kunci.
Mungkin hanya itu informasi
mengenai user persona dan empathy map yang aku ketahi. Bila ada kesalahan
informasi mohon perbaikannya ya, Keys! Sampai jumpa di artikel berikutnya.
Sumber: glints.com
Suip. Bagus penjelasannya detail. Jadi makin faham tentang user persona dan empathy map aku. Makasih infonya ya mba Filza
BalasHapusAlhamdulillah, semoga bermanfaat ya mbak. 💚
Hapusmakin tercerahkan ya ketika bikin sosok imajiner pembaca blog kita haha. Udahlah meraba-raba mengkhayal juga.
BalasHapusso far, penjelasan dan penjabaran tentang persona pembaca blog mbak udah spesifik banget yaaah hehe. Aku masuk slaah satunya nggak ya? Kusuka nonton Kdrama dan udah jadi mamah muda niih wkwk :D
Tentu masuk dooong ehehehe.
HapusJelas bgt karakter tokoh Mbak Kinar, ntah knp aku nyambung bgt, apa gegara penyuka k-pop juga wkkwkw
BalasHapusWah, bisa jadi tuh. 😆
HapusMbak Kinar ditunggu ya cerita-cerita kerennya terutama tentang Olahraga dan fangirling
BalasHapuskonten fangirling udah terbit loh hehe
Hapus