Ada yang tau apa itu SEO? Nah, kita akan membicarakan nya nih. Di artikel pertama Korean Stuff mengenai teknik optimasi ini, kita akan berbicara apa sih manfaat SEO on page untuk blog kita.
Bagi blogger pemula seperti
aku, mempelajari teknik menaklukkan mbah Google ini adalah sebuah PR besar.
Karena membicarakan dan mempelajari SEO tidak akan pernah ada habisnya
mengingat algoritma Google yang selalu berubah-ubah. Bahkan setiap hari. Oke,
langsung saja check it out!
Seputar SEO
SEO adalah singkatan dari search
engine optimization atau pengoptimasian mesin pencari, yang dalam hal ini
adalah Google. Kenapa harus mempelajari teknik mengalahkan ‘si mbah pintar’
ini? Karena saat ini, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan.
Aku sendiri pernah
mendengar kata ini sebelum terjun ke dunia blogging. Pada waktu itu
bingung tuh dan bertanya-tanya, apa sih SEO itu? Ternyata, SEO adalah teknik
agar blog atau website bisa disukai oleh si mbah dan bisa dapat kesempatan muncul
di page one. Pengen apa pengen?
Nah, saat artikel sudah
masuk di halaman pertama pencarian Google, akan ada banyak keuntungan yang bisa
kita dapat. Seperti, blog akan dapat trafik organik, akan lebih mudah mendapat
kesempatan klik dari pembaca, dan blog akan semakin dikenal. Jika hal-hal tersebut
sudah tercapai, blog kita akan semakin bermanfaat bagi umat.
Seneng banget kan kalo bisa
teknik satu ini? Tapi oh tapi, SEO ini mempelajarinya tidak mudah. Kita pun
harus tau algoritma Google ini berubahnya kayak gimana. Karena disini kita
sebagai publisher harus menuruti apa maunya mesin pencari terlaris ini.
Aturan dari Google pun bisa
berubah-ubah dan dengan SEO ini kita bisa menurutinya. Contohnya nih, dulu pada
saat aku awal-awal terjun ke dunia blogging, aturan untuk judul adalah maksimal
60 karakter. Tapi sekarang, aturannya adalah maksimal 55 karakter.
Gimana cara supaya bisa tau
update perubahan teknik SEO ini? Salah satunya adalah dengan bergabung
di komunitas-komunitas. Entah itu komunitas menulis atau blogging,
maupun komunitas Adsense (ini bagi kalian yang menargetkan Google Adsense, ya).
Dikutip dari materi
pembelajaran Blogspedia, menurut beberapa mastah, SEO adalah seni. Teknik ini
bukan ilmu pasti. Ada banyak cara penerapannya dan tentunya setiap ahli berbeda-beda.
Lalu, siapa yang benar? Tidak
ada yang pasti. Kaena setiap blog kebutuhannya berbeda-beda. Bisa jadi di blog Korean
Stuff ini lebih cocok menggunakan teknik yang dibagikan oleh mbak Marita. Bisa juga
blog temen-temen lebih cocok menggunakan teknik dari mas Alex atau mas Irwin.
Tools yang Diperlukan untuk SEO
Kenapa pake huruf ‘s’? Lebih
dari satu soalnya wkwk. Jadi ada beberapa tools yang digunakan dalam membantu
penerapan teknik ini. Yakni SEOQuake, Whatsmyserp, Meta SEO Inspector, dan Serp
Trends.
Darimana kita bisa
mendapatkan tool-tool ini? So, alat bantu SEO ini adalah ekstensi dari Google
yang bisa kita pasang di browser kita. Kalau aku pakai Chrome.
Sebenarnya, masih banyak
lagi tools yang bisa digunakan. Seperti Google Search Console, keywordtool.io,
ahrefs, Ubersuggest, dan masih banyak lagi.
Macam-macam SEO
SEO ini punya banyak macam,
kayak martabak yang punya varian telor dan martabak manis. Berdasarkan optimasinya,
SEO ini dibagi menjadi dua yakni on page dan off page.
1. On
Page
Seperti namanya, optimasi
ini dilakukan di dalam artikel yang akan kita tulis. Menurut beberapa sumber, kuncinya
adalah penempatan keyword. Kenapa? Biar Google tau apa topik yang akan kita
bahas. Tentunya yang tidak lupa adalah kualitas konten yang jempolan.
SEO on page ini bertujuan
agar artikel kita lebih mudah ditemukan oleh pembaca. Dan jika kalian adalah blogger
pemula seperti aku yang masih cari inpo mengenai cara menjadi blogger,
kalian wajib nih menguasai ilmu ini.
2. Off
Page
Jika yang pertama tadi
adalah pengoptimalan pada artikel, untuk jenis kedua ini adlaah pengoptimalan
pada luar blog atau website. SEO off page ini bertujuan untuk membantu Google
memahami seberapa manfaat sih blog kita bagi umat.
Manfaat SEO on Page
Nah, saatnya kita
membicarakan inti artikel ini. Yakni manfaat dari SEO on page. Apakah kita akan
membahas manfaat dari SEO off page? Untuk saat ini tidak dulu, mungkin suatu
saat ya hehe. Langsung saja ini dia manfaatnya untuk blog kita.
1. Membantu dalam Mendapat Trafik
Seperti yang sudah
dijelaskan diawal, SEO ini mampu membuat blog kita nangkring di halaman pertama
Google. Dengan begitu, kita akan mendapat trafik lebih banyak. Trafik ini pun
organik loh yang mana bagus untuk pemain Adsense.
Artikel ku yang membahas
tentang apartemen mewah Korea pernah duduk manis di page one selama beberapa
bulan dan mendatangkan trafik yang sangat baik untuk blog ini. Rasanya gimana? Wah,
nggak usah ditanya. Suweneng pol.
2. Blog dan Website Lebih Menarik
Blog yang ala kadarnya saja
terkadang tidak SEO friendly. Namun, bukan berarti blog yang memakai template
unyuk pun akan mendukung syarat dari SEO. Blog menarik pun tidak hanya bisa
dilihat dari tampilannya saja, bisa juga dilihat dari kecepatan loading blog.
3. Brand Awareness
Banyak blogger yang menerima
job memasarkan produk tertentu melalui blognya. Dengan menerapkan SEO ini, blog
akan semakin dipercaya oleh Google maupun pemilik usaha.
Kaidah SEO on Page
Setelah bicara panjang
lebar mengenai SEO, sekarang saatnya kita bicara mengenai kaidah-kaidah yang
ada di dalam ilmu optimasi ini. Apa aja? Ini dia.
1. Letakkan Keyword pada Judul, Meta Deskripsi, Paragraf
Awal dan Akhir, Serta Permalink
Keyword atau yang biasa
disingkat dengan kw (bukan artian palsu ya wkwk) ini harus sering muncul di
dalam artikel. Ibaratnya dia ini bintang utama dari tulisan kita. Peletakan kw
di beberapa titik ini akan membuat Google tau apa yang disampaikan.
2. Stop Cara Jadul Penulisan Link
Berdasarkan informasi dari
mbak Marita Ningtyas dalam blognya yang diberi nama Blogspedia, cara
jadul penulisan kw sudah tidak diperlukan lagi. Karena si mbah sekarang udah
makin pinter.
Cara jadul itu yang gimana?
Keyword dicetak miring, tebal, ataupun diberi garis bawah. Tapi, ada beberapa
orang yang menganggap jika penulisan ini masih efektf.
Mana yang benar? Tergantung
lagi dari kita mau pakai yang mana. Karena kembali lagi, SEO itu bukan sebuah
ilmu yang pasti.
3. Perhatikan Jumlah Kata
Selanjutnya adalah jumlah
kata. Ada yang bilang jumlah kata minimal 500 kata sudah bagus, ada yang bilang
800 kata, atau bahkan 1.000 kata.
Berdasarkan pengalamanku
mengikuti kelas Adsense yang diadakan mas Alex, jumlah kata dalam sebuah
artikel berdasarkan kompetitor. Seperti contoh artikel yang membahas tentang
travel lebih baik antara 1.000 sampai 1.500 kata. Hal ini dikarenakan website
travel, tour, dan wisata itu saingannya berat bangeet.
4. Perhatikan Heading
Ini juga penting nih. Heading
harus urut mulai dari H1 sampai H4. Namun, dalam artikel biasanya dimulai dari
H2 atau judul. Kalian bisa cek di Meta SEO Inspector untuk penempatan heading
apakah sudah benar atau belum.
5. Jangan Lupakan Internal dan Eksternal Link
Jangan lupa beri internal
link dan juga eksternal link. Idealnya, dalam satu artikel terdapat satu
eksternal link dan tiga internal link. Ada juga yang berpendapat internal link
ini terdiri dari empat link. Yakni satu URL domain dan tiga URL artikel yang ada
dalam blog kita.
6. Optimasi Gambar
Untuk lebih mendukung
teknik SEO yang sedang kita praktekkan pada blog kita, pengoptimasian blog juga
diperlukan. Caranya adalah dengan merename gambar dengan menggunakan tanda
strip. Seperti contoh “manfaat-seo-on-page-bagi-blog”.
Jangan lupakan juga pada
saat gambar di upload pada post editor, beri alternative text dan juga judul
teks. Antara alt dan judul harus beda ya.
7. Gunakan LSI Keyword
LSI keyword adlaah kata
kunci yang related dengan keyword yang akan kita gunakan. Dan ini penting. Bayangkan
kalian membaca artikel tentang blogging bagi pemula dan kata tersebut
diulang-ulang terus. Apa tidak bosan? Nah inilah pentingnya menggunakan LSI
keyword.
8. Share ke Sosmed
Sebenarnya kaidah ini
berkaitan dengan SEO off page, tapi tidak ada salahnya kita menerapkan kaidah ini
agar Google lebih mengenal kita.
9. Lakukan Inspeksi URL
Inspect URL ini bisa
dilakukan saat kita sudah memasang GSC atau Google Search Console. Saat ini
blog ada banyak sekali dan itu membuat Google lebih lama dalam mengindeks
artikel atau bahasa gampangnya menerbitkan artikel.
Memang benar robot si mbah
lah yang akan mengindeks otomatis artikel yang baru kita posting. Tapi, dengan
menggunakan tool ini artikel kita akan lebih cepat terindeks.
Itulah sedikit informasi
mengenai SEO dan manfaat SEO on page bagi blog kita. Banyak gini kok dibilang
sedikit? Percayalah ini hanyalah secuil pembahasan dari SEO yang sangat-sangat
banyak. So, apa kalian sudah mempelajari ilmu pamungkas ini?
Sumber: halokakros.com,
niagahoster.co.id, blogspedia.my.id
Keliatan dikit padahal banyak dan lumayan bikin puyeng, ya, hihihi
BalasHapusMari belajar bersama ya kita
buwanyak banget, ini baru kulitnya doang wkwk. mari berpuyeng-puyeng dengan SEO dan tetap semangat yaa.
Hapusuntuk SEO ON page saya masih pakai sebagian yang pake bold italic pada keyword mba Filza, maklum orang jadul tekniknya juga kadang fanatic dengan ilmu jadul.
BalasHapussaya coba tambahin 1 poin , menurut tools/plugin SEO Yoast sebuah artikel yang SEO minimal artikel 300 kata, apabila sampai 1000 kata lebih baik di buatkan Heading 1 sampai heading 5
Btw urutan serta detail artikel diatas menurut saya betul semua, dan memang itu baru kulitnya doang, terutama optimasi eksternalnya yg kadang cukup melelahkan