Created by Canva |
Jaman semakin berkembang,
begitupun dengan teknologi. Berbelanja tidak hanya dari toko offline
saja, melainkan juga dapat dilakukan secara online. Bahkan berbelanja di
online shop sekarang menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat karena
kemudahan yang ditawarkannya. Hal ini memunculkan berbagai jasa pengiriman
barang atau yang biasa disebut dengan ekspedisi.
Ekspedisi yang dulu kita
kenal adalah kantor pos yang lebih dikenal sebagai tempat mengirim surat.
Namun, seiring dengan kemajuan teknologi tersebut, kantor pos juga bisa
mengirim barang loh. Begitupun dengan ekspedisi-ekspedisi lainnya yang mulai
eksis beberapa tahun kebelakang.
Manfaat Adanya Platform Pemersatu Ekspedisi
Banyaknya ekspedisi yang
bermunculan, memiliki manfaat untuk kita sebagai seorang penjual maupun
pembeli. Kita bisa membandingkan mana yang lebih cocok untuk kebutuhan kita.
Jika kalian berada di posisi pemilik sebuah UMKM dan telah memiliki banyak
orderan dengan ekspedisi yang berbeda-beda, pasti kalian membutuhkan wadah
untuk memantau progress pengiriman produk kalian. Agar tidak
ribet!
Memandang hal tersebut,
muncullah berbagai aggregator jasa ekspedisi, baik dalam bentuk aplikasi maupun
web yang bisa memantau perjalanan produk kalian yang menggunakan berbagai macam
ekspedisi dalam satu tempat. Aplikasi ini memiliki berbagai manfaat, khususnya
bagi pelaku UMKM di Indonesia. Apa saja manfaat tersebut?
- Para pelanggan aggregator jasa pengiriman, yang dalam hal ini adalah seller, dapat memilih perusahaan ekspedisi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan secara cepat dan efisien.
- Harga ongkir atau ongkos kirim dapat dinegosiasikan dengan harga terbaik juga memiliki hubungan dengan berbagai ekspedisi.
- Penjual dapat memantau barang dengan mudah dalam satu aplikasi.
- Memiliki customer service yang dapat membantu seller jika mengalami kendala.
- Agregator jasa biasanya memiliki beberapa metode pembayaran yang aman dan mudah, seperti menggunakan kartu kredit atau transfer bank.
- Dapat membandingkan berbagai perusahaan ekspedisi, mulai dari harga, waktu pengirimannya serta layanan lain sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.
Alasan Harus Memilih KiriminAja
Kenapa sih harus memilih
KiriminAja? Bukan karena hal sepele yang akan kalian dapatkan di platform ini.
Kalian akan mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan dengan memilih
layanan ini. Apa saja sih kemudahan dan keuntungan tersebut? Check it out!
1. Penjemputan Paket Secara Gratis
KiriminAja menyediakan
layanan penjemputan paket gratis di rumah atau gudang tanpa dipungut biaya.
Tentunya tanpa minimum paket juga. Mau berapapun paket yang akan kalian kirim
akan di-pick up oleh jasa ekspedisi.
2. Dapat Memilih Beberapa
Jenis Pengiriman
Mau COD atau reguler?
Tenang, disini kalian bisa bebas memilih sesuai kebutuhan dan permintaan customer.
Eits, tidak hanya COD dan reguler saja. Aplikasi ini menyediakan layanan sameday,
next day, ekonomi, instan juga cargo.
3. Pencairan No Ribet-ribet
Proses pencairan dana di
KiriminAja terbilang mudah. Bahkan untuk paket COD, saldo bisa dicairkan
setelah paket telah sampai di tangan pelanggan. Pencairan ini dilakukan setiap
hari, lho, jadi kalian tidak perlu menunggu.
4. Jaminan Paket Aman dan
Cepat Sampai
Di KiriminAja, paket kalian
terjamin aman dan cepat sampai di tempat tujuan. Jumlah kurir yang tersedia
lebih dari 15 baik di area origin maupun destinasi. Origin sendiri adalah
kota/kabupaten asal paket, sedangkan destinasi adalah kota/kabupaten tujuan
paket.
5. Pantau Tracking
dengan Mudah
Tracking
atau pelacakan paket biasa dipantau di website maupun aplikasi masing-masing
ekspedisi. Tapi disini kalian bisa melacak paket kalian dalam satu tempat
dengan mudah, meski beda ekspedisi sekalipun. Selain kemudahan pelacakan paket,
kalian juga dapat mencetak nomor resi dengan mudah menggunakan aplikasi ini.
Kalian bisa lihat tutorialnya di laman website KiriminAja.
6. Dapatkan Layanan 24/7
Punya kendala di luar jam
kerja? Tenang. KiriminAja selalu siap melayani setiap waktu. Bahkan di luar jam
kerja sekalipun.
KiriminAja memiliki
beberapa layanan yang dapat kalian nikmati. Apa saja sih layanan tersebut?
1. Multi Warehouse
Fitur atau layanan pertama
dari KiriminAja yang bisa kalian nikmati adalah multi warehouse.
Fitur ini memungkinkan kalian untuk menyimpan serta mengelola beberapa gudang
dalam satu akun. Multi warehouse ini berguna dalam mempermudah proses
pengiriman dan menjadi lebih efisien.
2. Manajemen Inventory
Fitur kedua adalah
manajemen inventory, dimana fitur ini dapat membantu kalian dalam
mengatasi masalah pengelolaan stok dan memastikannya cukup untuk memenuhi
permintaan customer. Selain memantau stok, kalian dapat mencatat keluar
masuknya stok dan dapat membuat laporan stok barang. Tentunya semua ini dapat
dilakukan dengan mudah!
3. Manajemen CS dan User
Apa fungsi dari manajemen CS
dan user? Disini, kalian dapat hal-hal yang dibutuhkan oleh pelanggan.
Dengan menggunakan fitur ini kalian dapat memantau semua pertanyaan dan keluhan
sehingga kalian dapat memastikan jika pelanggan puas dengan layanan yang
diberikan oleh toko kalian.
4. Cash Flow Monitoring
Memahami arus kas atau cash
flow adalah hal penting yang harus dikuasai demi keberlangsungan suatu
usaha. Di aplikasi KiriminAja, kalian dapat memahami arus kas dengan cepat dan
mudah. Kalian dapat memastikan pengeluaran bisnis sudah dilakukan dengan baik
dan benar. Dengan memahami arus kas, kalian dapat membuat keputusan yang bijak.
5. Support COD
Cash on Delivery
menjadi salah satu pilihan jenis pengiriman yang banyak digunakan. Biasanya, customer
memilih layanan ini saat tidak memiliki saldo e-money dan berhalangan
untuk top up, atau bahkan mager untuk keluar rumah. Jangan khawatir,
karena di KiriminAja kalian bisa memberikan opsi ini untuk customer
kalian.
Kalian bisa mencairkan dana
secara cepat dan tidak akan dipungut potongan biaya sama sekali. Bahkan
dilansir dari laman Instagram KiriminAja, terdapat layanan COD Advance
yakni 50% dana cair saat dibawa kurir.
Source: https://www.instagram.com/kiriminaja_official/ |
6. Integrasi API
Keunggulan lain dari
aggregator ekspedisi ini adalah telah terintegrasi nya API di sistem kalian.
Bagaimana kegunaannya? Kalian bisa mengecek ongkir terbaru, dapat memilih
pilihan pick up dan drop off. Bagaimana dengan resi pengiriman?
Kalian bisa mendapatkannya dengan cepat.
Kontribusi KiriminAja untuk UMKM Indonesia
Dengan melihat berbagai
keunggulan serta layanan yang dimiliki oleh KiriminAja, tidak heran jika
aggregator ini memiliki kontribusi yang besar terhadap UMKM Indonesia. Dengan
banyaknya fitur yang disuguhkan untuk seller, memberikan dampak yang
baik untuk kemajuan online shop seller tersebut. Mereka dapat mengontrol
banyak hal dalam satu aplikasi saja sehingga lebih menghemat waktu. Akibatnya,
penjual dapat lebih fokus dalam mengelola operasional bisnis.
Aplikasi dengan ciri khas
warna ungu ini tidak hanya gembar-gembor dalam menyerukan keunggulan yang
dimilikinya. KiriminAja memberikan bukti nyata kontribusi mereka dalam
memajukan UMKM Indonesia.
Salah satu bukti nyata
tersebut adalah adanya kerjasama antara KiriminAja dengan Plugo pada bulan
Agustus lalu. Plugo sendiri merupakan platform yang dapat membantu
masyarakat awam dalam membuat toko online.
Adanya kolaborasi ini
bertujuan untuk mendorong pertumbuhan bisnis lokal di Indonesia. Selain itu,
kedua platform ini juga bertujuan untuk memberikan inovasi di bidang
UMKM. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan visibilitas
bisnis, menyediakan solusi pengiriman yang efektif dan memudahkan integrasi
teknologi yang inovatif.
KiriminAja telah menjadi
sistem yang mendukung banyak bisnis online di Indonesia selama tiga
tahun terakhir. Hasil dari kontribusi aplikasi ini dapat dilihat dari banyaknya
ekspedisi yang tersedia di aggregator ini dan tentunya dapat diakses oleh
pelaku online shop.
Aku berharap dengan kontribusi KiriminAja semoga UMKM Indonesia semakin maju dan semakin inovatif. Harapan kalian untuk UMKM Indonesia apa saja nih? Yuk, para seller, gunakan KiriminAja sebagai platform pengiriman paket-paket kalian!
Posting Komentar