Kopi adalah minuman
berkafein yang disukai hampir setiap kalangan. Bukan hanya bapak-bapak saja
yang suka “ngopi”. Banyak muda-mudi yang juga suka “ngopi” cantik di kafe atau
kedai kopi yang sekarang banyak beredar. Salah satunya adalah Kopi Kulo. Jika
mendengar Kopi Kulo, para penikmat kopi, termasuk aku haha, pasti akan bertanya “Berapa
harga kopinya?” Berbeda dengan orang yang berjiwa enterpreneur pasti akan
bertanya “Berapa harga franchise Kopi Kulo?”
Mengingat brand ini
termasuk ke dalam jajaran kedai kopi terkenal di Indonesia. Tidak hanya tenar
karena viral saja, merek ini famous karena memiliki beberapa keunggulan,
lho. Apa sih kelebihan yang dimiliki Kopi Kulo? Simak artikel ini sampai habis,
ya!
Harga Franchise Kopi Kulo
Harga menjadi hal pertama
yang dilihat saat akan membeli sesuatu. Hal ini juga berlaku pada saat
seseorang akan mendaftar kemitraan. Sebenarnya, dalam situs website resmi KULO
Group tidak dicantumkan info resmi berapa harga franchise Kopi Kulo.
Namun, beberapa sumber
mengatakan jika seseorang ingin bergabung menjadi mitra Kopi Kulo diperlukan
biaya sekitar 125 juta sampai 155 juta rupiah. Modal tersebut akan dialokasikan
untuk beberapa hal.
Untuk biaya terendah yaitu
125 juta, calon mitra akan mendapatkan kebutuhan jualan dan biaya franchise.
Untuk biaya tertinggi yaitu 155 juta, calon mitra akan mendapatkan beberapa hal
dengan rincian sebagai berikut.
- Biaya franchise untuk 3 tahun = 70 juta rupiah
- Perlengkapan awal = 30 juta rupiah
- Desain outlet/booth = 2 juta rupiah
- Renovasi tempat = 50 juta rupiah
- Pemasaran sosial media = 3 juta rupiah
Apa nanti akan mendapatkan booth?
Jawabannya adalah tidak. Calon mitra bisa menyiapkan booth atau lokasi
sendiri. tentunya sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Dan, calon mitra
tidak diharuskan membayar fee bulanan karena biaya perpanjangan franchise
hanya dibayarkan setiap 3 tahun sekali. Untuk informasi lebih jelas, calon
mitra bisa menghubungi KULO Group.
Modal awal yang harus
dikeluarkan untuk menjadi mitra Kopi Kulo terbilang cukup besar. Namun, apakah
omzet yang dihasilkan akan setara dengan modal yang dikeluarkan?
Menurut KBBI, omzet adalah sejumlah uang dari hasil penjualan barang tertentu dalam suatu kurun waktu tertentu. Omzet bisa juga disebut dengan pendapatan kotor.
Andreas Tony. selaku Co-founder
KULO Group pernah membocorkan omzet para mitra mereka dalam sebuah wawancara.
Harga kopi dari brand ini cukup terjangkau, dengan kisaran harga 14 ribu
hingga 27 ribu rupiah. Dengan harga yang terjangkau tersebut, para mitra tidak
akan kesulitan melakukan penjualan.
Rata-rata Kopi Kulo mampu
menjual 100 cup dalam sehari. Perkiraan omzet yang akan didapat mulai
dari 2 juta sampai 4 juta rupiah. Dalam kurun waktu satu bulan, diperkirakan
mitra akan mendapatkan omzet sekitar hingga 120 juta rupiah. Berdasarkan
perkiraan ini, para mitra dapat balik modal dalam waktu kurang dari 12 bulan.
Keunggulan Kopi Kulo
Ternyata harga franchise
Kopi Kulo cukup pricey, ya. Eits, tapi dengan harga tersebut
sebanding dengan keunggulan yang ditawarkannya, lho. Sebenarnya apa sih
keunggulan kopi ini?
1. Memiliki Konsep yang Unik
Kopi Kulo menggunakan
sistem coffee-to-go yang membebaskan konsumen menikmati kopinya dimana
saja. Mereka tidak menyediakan tempat dine in seperti gerai kopi pada
umumnya.
Kopi Kulo termasuk pioner
dalam sistem take and go ini, lho. Di setiap outletnya, mereka
menyediakan dua jendela yang masing-masing digunakan untuk tempat pemesanan dan
penerimaan pesanan.
2. Keunikan Menu yang Ditawarkan
Kopi Kulo dikenal sebagai brand
yang berani memadukan aneka rasa. Tidak heran jika Kopi Kulo memiliki menu yang
variatif. Salah satu varian yang laris manis adalah Avocatto. Menu ini adalah
hasil kombinasi dari jus alpukat dan espresso dengan topping es krim
diatasnya.
Selain Avocatto, masih
banyak menu lain yang tentunya masih bertemakan kopi. Bagi kalian yang tidak
suka dengan kopi, ada varian non coffee yang bisa jadi pilihan. Seperti
matcha, cookies ‘n’ cream, Yakult berry, coklat, hochija dan ada lemon
series, lho. Hal menarik lainnya adalah Kopi Kulo menyediakan Kulo Literan
yakni kopi dalam kemasan botol dan berukuran 1 liter.
Kopi Kulo Literan Source image: Instagram @kedaikopikulo |
3. Mitra Bebas Berinovasi
Keunggulan ketiga dari
menjadi mitra Kopi Kulo adalah mitranya dibebaskan untuk berinovasi dan bebas
menambahkan menu sesuai keinginan mitra. Asalkan menu tersebut dinilai
berpotensi menarik peminat di daerah tersebut.
Walaupun penambahan menu
baru tersebut berada di luar kontrol kantor pusat, menu tersebut akan tetap
laku. Dengan catatan mengikuti trend pasar dan disesuaikan dengan cita
rasa masyarakat setempat.
4. Terjangkau dan Berkualitas
Seperti yang sudah
disebutkan diatas bahwa harga menu di kedai ini terbilang terjangkau. Menu
variatif, harga terjangkau dan tentunya kualitas nya pun terjamin. Siapa coba
yang tidak minat?
Peluang Franchise Kopi Kulo
Sistem coffee-to-go
adalah sistem dimana sebuah kedai kopi tidak menyediakan tempat bagi konsumen
untuk menikmati kopi yang telah dibeli dari kedai tersebut. sistem ini juga
biasa disebut dengan sistemready to go. Kopi Kulo menggunakan sistem ini untuk operasionalnya,
seperti yang sudah disebutkan diatas.
Siapa sangka, dengan
menerapkan sistem ini, Kopi Kulo sukses besar! Hingga dalam kurun waktu 5 bulan
sejak didirikan, mereka mantap menawarkan kerjasama atau franchise.
Hingga kini, gerai kopi
yang telah berdiri sejak tahun 2017 ini telah memiliki lebih dari 300 gerai di
seluruh Indonesia. Hal menarik dari Kopi Kulo adalah mereka menggunakan 100%
kopi asli Indonesia. Cinta produk lokal sekali, bukan?
Gimana nih, setelah tau harga
franchise Kopi Kulo apakah kalian tertarik untuk bekerjasama dengan
anak perusahaan KULO Group ini?
Sumber: bisnis.com, publikasimedia.com
Posting Komentar