Banner Besar Korean Stuff

Kulit Normal Itu yang Gimana Sih? Simak Jawabannya Disini!

Konten [Tampil]

 

Kulit Normal Itu yang Gimana Sih? Simak Jawabannya Disini!

Kulit normal adalah salah satu dari lima jenis kulit manusia. Jenis kulit satu ini adalah impian bagi semua orang, khususnya para ciwi-ciwi.

Untuk mengetahui jenis kulit yang kita punya, ada beberapa simple skin test yang bisa dilakukan di rumah. Langkah ini penting banget untuk menentukan perlakuan pada kulit kita.

Mengenal Lebih Dalam Kulit Normal

Kulit normal adalah kulit yang memiliki kadar minyak dan air yang pas atau seimbang. Tidak terlalu kering yang menyebabkan kulit kering dan tidak berlebihan yang dapat menyebabkan kulit berminyak.

Sebum minyak pada kulit yang normal tersebar dengan merata. Meski begitu, produksi minyak pada kulit tidak berlebihan sehingga tidak menyebabkan kulit tampak mengkilap.

Jenis kulit satu ini biasanya jauh dari masalah. Kulit juga tampak bercahaya, terasa lembut dan kenyal, pori-pori hampir atau bahkan tidak terlihat, tidak sensitif dan tentunya mudah perawatannya.

Ciri-ciri Kulit yang Normal

Kulit yang normal adalah kulit yang sehat. Ada beberapa ciri yang menjadi tanda dari kondisi ini. Apa saja?

1. Jauh dari Masalah Kulit

Kulit sehat berarti jauh dari masalah, entah jerawat, komedo atau yang lainnya. Tapi, bukan berarti kulit yang normal tidak akan pernah jerawatan. Pasti akan ada saatnya normal skin memiliki jerawat, terlebih bagi wanita yang setiap bulannya mengalami menstruasi dan hormon yang berubah-ubah hingga menimbulkan jerawat.

Meski sudah tergolong dalam kulit sehat, normal skin harus tetap dirawat dengan baik agar kesehatannya terjaga. Tapi ingat, ya, jangan berlebihan dalam menggunakan skincare. Pemakaian produk perawatan yang berlebihan akan menyebabkan munculnya masalah-masalah pada kulit.

2. Kulit Kusam Terhempas

Ciri yang kedua adalah kulit yang normal akan tampak bercahaya alias tidak akan kusam. Tapi, kembali lagi ke kesehatan kulit, kalian harus tetap merawatnya agar kulit tetap nampak bercahaya.

Mengingat mobilitas yang semakin tinggi, juga setiap hari bertemu dengan debu, polusi dan cahaya matahari yang akan menyebabkan kulit jadi kusam. Tetap gunakan sunscreen setiap beraktivitas dan juga jangan lupa double cleansing dan eksfoliasi agar kulit tetap terjaga kebersihannya.

3. Tidak Memiliki Sensitivitas yang Parah

Jika kulit kering rawan terhadap iritasi juga memiliki sensitivitas yang tinggi, maka kulit normal tidak. Umumnya, sensitivitas kulit muncul setelah pemakaian produk perawatan kulit. Nah, normal skin akan tetap chill setelah memakai skincare.

Mau tau rasanya kulit sensitif itu gimana? Kulit akan terasa perih, terbakar, kemerahan, bahkan bisa gatal-gatal. Bersyukurlah kalian yang memiliki kulit yang normal.

4. Pori-pori Jarang Atau Bahkan Tidak Terlihat

Meskipun kulit memiliki jutaan pori-pori, pada permukaan kulit yang normal pori-pori jarang terlihat atau bahkan tidak terlihat sama sekali. Hal inilah yang menyebabkan kulit tampak sehat dan bercahaya karena kpori-pori tidak tersumbat kotoran maupun sisa make up.

Jangan sampai kalian salah pilih skincare, karena jika salah dalam memilih skincare akan menyebabkan pori-pori jadi terbuka. Jika pori-pori terbuka, berbagai kotora dan sisa make up akan masuk yang akhirnya menyebabkan kulit jadi kusam.

Masalah Kulit yang Paling Umum

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, meskipun kulit normal masuk ke dalam kategori healthy skin, tapi tidak menutup kemungkinan kulit tidak akan mengalami masalah. Beberapamasalah kulit yang paling sering terjadi adalah.

1. Jerawat

Jerawat adalah problematika kulit yang paling sering terjadi. Baik kulit yang normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi maupun kulit sensitif.

Permasalahan kulit satu ini seringkali ‘merusak’ harga diri dan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Jerawat seringkali dianggap sebagai pengganggu penampilan. Apalagi kalo mau kondangan, udah nyiapin make up yang proper, eh ternyata malam sebelumnya muncul si kecil ini. Kesel pastinya!

Jerawat dapat terjadi pada pria maupun wanita. Bedanya, pria memiliki siklus yang lebih lama bahkan lebih parah daripada wanita. Pada wanita, siklus ini bisa juga dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi di waktu-waktu sekitar periode datang bulan.

Jerawat ringan umumnya akan hilang timbul dengan sendirinya dan akan berkurang lama kelamaan. Apalagi jika telah melewati masa remaja. Namun, ada beberapa orang yang lebih disukai jerawat.

2. Kerutan/Garis Halus

Masalah kulit yang paling umum terjadi selanjutnya adalah garis halus atau kerutan. Masalah ini secara alami muncul akibar dari penuaan kulit. kerutan atau garis halus muncul disaat tingkat elastisitas kulit menurun atau bahkan rusak. Sehingga kulit kehilangan kemampuan mempertahankan kelembaban.

Bersamaan dengan hal tersebut, lemak di bawah lapisan kulit juga mulai berkurang. Akibatnya, muncul kerutan atau garis halus pada kulit. Masalah ini cukup mengganggu penampilan karena make up jadi agak susah menempel.

3. Kerusakan Akibat Paparan Sinar Matahari

Berjemur dibawah sinar matahari itu sehat asalakan matahari pagi. Pagi menjelang siang gimana? No way! Terlalu lama terpapar sinar matahari akan menyebabkan kerusakan pada kulit. Apa saja kerusakan yang ditimbulkan dari paparan sinar matahari yag berlebih ini?

  • Hiperpigmentasi atau warna kulit yang tidak merata
  • Lentigines atau munculnya bintik-bintik tanda penuaan
  • Elastosis solar atau munculnya kerutan pada kulit akibat paparan sinar matahari
  • Keratosis atau kondisi dimana kulit akan menebal, kasar dan bersisik
  • Melasma atau bercak kecoklatan atau lebih gelap daripada warna kulit
  • Poikiloderma atau bercak coklat kemerahan yang muncul di leher, pipi dan dada bagian atas
  • Kanker kulit atau salah satu jenis kanker yang tumbuh pada jaringan kulit

Nah, itulah dia definisi dari kulit normal atau kulit sehat itu. Kulit mu termasuk kulit yang normal atau yang lain nih? Agar kulit tetap sehat, kulit harus tetap dirawat, ya. Ada beberapa tips yang dapat membantu kalian dalam menjaga kesehatan kulit yang bisa dibaca di artikel selanjutnya!

Sumber: alodokter.com, m.kumparan.com, wallisderm.com

13 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Kayaknya saya hanya sekali nemu perempuan dengan kulit alami yang begitu cantik. Kulitnya itu kuning langsat dan cerah. Lebih ke arah putih kekuningan, bersih tanpa noda, dan halus tidak terlihat pori-pori sama sekali. Itu kakak kelas saya waktu SMP. Udah cantik, kulitnya bagus, dan pintar. Skincare nya aja kita tiru. Eh, ternyata hasilnya beda aja haha

    BalasHapus
  2. Punya kulit normal itu paling enak, Kak! Paling gak banyak rewelnya, paling gampang nempelin makeup, paling bikin iri

    BalasHapus
  3. kulitku tuh berminyak dan acne prone.. masih diatasi gimana biar jerawatnya gak on off hehe

    BalasHapus
  4. Nah bener nihhh! Punya kulit normal udah hal yang paling bisa disyukuri di dalam hidup :D

    BalasHapus
  5. Kulit saya dulu semasa remaja super berminyak dan berjerawat. Tapi setelah dewasa, aneka masalah itu pun perlahan hilang. Ada sebagian area yang cenderung kering, tapi T zone tetap berminyak. Sekarang justru kendala lainnya adalah kerutan-kerutan halus yang mulai muncul dan pori-pori yang tetap terlihat jelas. Hehehe, jadi namanya kulit apa ya?

    BalasHapus
  6. Soal kulit wajah, sering ngeliat perempuan yang rutin skincare-an tapi wajah banyak jerawat. Sementara mereka yang gak pernah skincare-an malah mulus. Apakah pengguna skincare itu selalu penasaran dengan brand baru sehingga pergantiannya terlalu cepat yang efeknya bisa membuat kulit wajah malah jerawatan.

    BalasHapus
  7. Kayanya aku masuk yang sensitif ya. Karena emang klo asal pake skincare apalagi itu baru, jd gampang kering klo g rasanya kulit muka jadi agak panas gt. Impian banget kalau punya kulit sehat dan normal. 😁

    BalasHapus
  8. Kayanya dari beberapa ciri kulit normal, aku termasuk deh..
    Cuma yang bingung, masalah pori-pori. Rasanya pori ini lebar banget yaa.. Huhuhu, kalau pakai skincare dengan klaim mengecilkan pori tuh, kaya ga ngefek.

    BalasHapus
  9. Aku pemilik kulit normal dan memang Alhamdulillah jarang banget memiliki permasalahan sama kulit. Tapi memang namanya kulit itu kalau nggak dirawat ya nggak bisa bagus selamanya apalagi karena faktor usia juga pastinya akan muncul masalah-masalah seperti flek hitam dan juga kerutan.

    BalasHapus
  10. Kalau daku normal ke arah kering. Dan memang kudu apik dalam merawat kulit, serta pastinya kenal dengan jenis kulit sendiri

    BalasHapus
  11. Kulit normal biasanya jarang punya masalah, paling enak punya kulit normal. Kalau kulit saya kayanya kulit kombinasi normal cenderung kering. Beda jenis kulit, bakalan beda juga perawatannya

    BalasHapus
  12. Kalau aku ngerasanya punya kulit normal. Tapi ya kadang nggak pake skincare jadi kering dan berasa tebel. Emang ya walaupun kulit normal pun tetap harus dijaga baik-baik.

    BalasHapus
  13. Selalu ngiri sama pemilik kulit normal, kayaknya less maintenance and drama kalau dibandingkan dengan kulit berminyak, hahaha ...

    BalasHapus