Banner Besar Korean Stuff

Bagaimana Cara Memilih Skincare Korea untuk Kulit Normal?

Konten [Tampil]

 

Bagaimana Cara Memilih Skincare Korea untuk Kulit Normal?

Kalo liat foto atau video artis Korea seliweran di sosmed pasti kebanyakan dari kalian berpikir, “Selain gen apa ya yang membuat kulit mereka secerah dan sesehat itu?” Bahkan, kulit normal atau kulit yang sehat sekalipun nggak akan se-wow kulit orang Korea.

Dibalik itu semua, ada effort besar yang diberikan agar punya kulit yang sehat. Mulai dari step perawatan ala Korea yang bertahap, hingga produknya yang juga oke banget sampai bisa disebut sebagai “Rajanya skincare”.

Tips Memilih Skincare Korea untuk Kulit Normal

Sebagai raja dari per-skincare-an duniawi, produk dari negeri ginseng dikenal fokus dalam mengatasi kulit kering dan kulit dehidrasi. Namun, kalian yang memiliki kulit normal juga bisa aja kok memakai produk K-beauty ini. 

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih skincare Korea untuk normal skin. 

1.  Kenali Kebutuhan Kulit

Kulit normal adalah kulit yang memiliki keseimbangan yang tepat antara kadar minyak dan air. Tidak mudah berminyak, tidak mudah berjerawat, juga tidak sensitif. 

Meski begitu, bukan berarti kulit normal terhindarkan dari masalah yang mungkin terjadi. Seperti jerawat, dehidrasi kulit dan kulit yang tidak nyaman. 

Perhatikan, diantara masalah-masalah tersebut mana yang paling sering kalian alami. Apakah jerawat yang hilang timbul? Atau kulit tidak nyaman dan kering? 

Dengan begitu, kalian dapat dengan mudah memilih produk mana yang akan dipakai. Tapi ingat ya, normal skin juga tetap harus menjaga kelembaban. Jadi tetap pilih skincare yang dapat mengunci kelembaban kulit. 

2.  Perhatikan Kandungan

Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh kulit, kalian dapat memperhatikan kandungan yang sebaiknya dipilih. Dilansir dari alodokter.com, berikut ini adalah beberapa bahan yang biasa dipakai dalam skincare Korea.

  • Hyaluronic acid atau asam hialuronat, berfungsi untuk melembabkan kulit, mencegah keriput dan mengatasi iritasi. 
  • Niacinamide, berfungsi untuk menjaga keseimbangan minyak, menjaga kelembaban, mengobati jerawat dan mengatasi penuaan. 
  • Ginseng, berfungsi untuk melindungi dari sinar UV, melembabkan kulit dan mengurangi keriput. 
  • Aloe vera atau lidah buaya, berfungsi untuk melembabkan, meredakan iritasi, mempercepat proses penyembuhan luka. 
  • Charcoal atau arang aktif, berfungsi untuk membersihkan kotoran di pori-pori, mengurangi jerawat, dan juga memiliki efek anti kuman. 
  • Air beras, berfungsi untuk memperbaiki kerusakan dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, mengatasi noda di wajah, pigmentasi dan pori-pori besar. 
  • Green tea, berfungsi sebagai antioksidan dan anti radang, selain itu juga dapat melembabkan kulit, mengatasi pigmentasi dan mengurangi keriput. 

3.  Perhatikan Label

Menurut BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan, ada 12 label yang harus diperhatikan saat akan membeli skincare. 

Yakni nama produk, manfaat, cara penggunaan, komposisi, negara produsen, nama dan alamat lengkap produsen, nomor batch, berat bersih/ukuran, tanggal kadaluarsa, nomor notifikasi, 2D barcode, terakhir adalah peringatan/perhatian. 

Karena Korea Selatan adalah negara dengan minoritas agama Islam, kalian perlu melihat nih apakah produk skincare Korea yang dipilih sudah halal dengan mencantumkan label halal. Baik label halal Korea sendiri atau negara lain. 

Selain itu lihat juga informasi bahan yang mungkin dapat menimbulkan alergi. Sebisa mungkin cari skincare yang bebas dari paraben, pewangi, pewarna dan juga alkohol. 

4.  Sesuaikan dengan Isi Dompet

Bagaimana Cara Memilih Skincare Korea untuk Kulit Normal?

Skincare asal negeri ginseng terkenal dengan harganya yang lumayan menguras isi dompet. Tidak bisa digeneralisir sih, masih ada kok produk yang ramah di kantong. 

Ada salah seorang teman bercerita, dia memakai face wash salah satu brand Korsel. Harganya lumayan bikin dompet nangeees, tapi worth it banget. Isinya banyak dan bisa dipakai berbulan-bulan. 

Walaupun worth it, tetap ukur sesuai kemampuan, ya. Jangan hanya karena ingin seputih idol Korea, isi dompet dikuras habis untuk beli skincare Korea yang mahal. Beli yang sesuai budget dan kebutuhan kulit. 

5.  Baca Review Terkait Produk

Tips terakhir adalah baca review produk yang dipilih. Kalian bisa mencarinya di internet. Membaca review ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan juga keamanan produk. 

Tapi ingat, ya. Nggak semua produk akan cocok dengan kulit semua orang. Reaksinya akan berbeda-beda di setiap individu. 

Aku biasanya cari reviewer, baik vlogger maupun blogger yang punya tipe kulit serupa dengan ku. Setidaknya biar nggak bingung-bingung amat lah mau milih skincare yang mana, hehe. 

Hal-hal yang Harus Dilakukan Setelah Menemukan Skincare yang Tepat

Setelah menemukan skincare yang cocok, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Apa saja?

1.  Lakukan Patch Test

Selain tes jenis kulit wajah, ada tes lain yang perlu dilakukan sebelum memulai perawatan kulit. Ada yang tau atau pernah melakukan patch test? Tujuannya apa sih tes ini? Patch test adalah mengaplikasikan skincare di area tertentu sebelum dipakai untuk mengetahui reaksi alergi atau iritasi. 

Salah satu cara tes ini adalah dengan mengoleskan skincare di leher bagian bawah telinga. Tunggu hingga 20 menit. Kemudian lihatlah apakah ada reaksi iritasi atau alergi. Seperti kulit kemerahan, gatal, panas dan lain-lain. 

2.  Konsisten 

Rasanya akan percuma saja jika sudah memilih skincare yang tepat tapi tidak konsisten dalam memakainya. Hasil yang didapatkan tidak akan maksimal. 

Karena, tujuan dari memakai skincare adalah merawat kulit agar sehat dan terawat. Jadi, tetap konsisten merawat kulit, ya! 

3.  Terapkan Gaya Hidup Sehat

Bagaimana Cara Memilih Skincare Korea untuk Kulit Normal?

Nah, hal terakhir ini nggak boleh dilewatkan juga. Semahal apapun skincare nya, akan sia-sia kalau gaya hidup nya masih sak karepe dewe alias nggak karu-karuan. 

Nggak hanya bermanfaat untuk kulit wajah, menerapkan gaya hidup sehat juga dapat memberikan manfaat untuk kulit secara keseluruhan. 

Itulah dia tips dan hal-hal yang harus dilakukan setelah menemukan skincare yang tepat untuk kulit normal. Ada yang mau menambahkan tips di atas? 

Apa ada rekomendasi produknya? Adaaa, tunggu tulisan tentang rekomendasi skincare Korea untuk kulit normal di next episode, ya!

Sumber: adev.co.id, alodokter.com, faceproject.com

20 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Saya setuju banget sama teks terakhir. Bener banget, semua kebutuhan kulit itu ada pada apa yang kita konsumsi. Bagi saya, skincare itu hanya bersifat support, bukan yang utama. Justru yang utama adalah apa yang ada di dalam tubuh kita, yakni makanan yang kita konsumsi

    BalasHapus
  2. Tips yang sesuai dan saya setuju, selain memperhatikan kandungan dan lain sebagainya karena setiap orang pasti punya karakter kulit yang berbeda-beda kan? apalagi yang nomor 5 nih, bisa jadi acuan banget! :D

    BalasHapus
  3. Setuju nih. Tapi kalau saya biasanya patch tes itu semuka, jadi bisa tahu langsung produknya bikin reaksi negatif gak ke kulit sensi saya

    BalasHapus
  4. Aku juga pakai skincare Korea dan cocok banget sama kulitku yang berminyak. Tapi, ada beberapa produk yang bikin kulitku sedikit kering. Ada saran gak buat menghindari itu?

    BalasHapus
  5. Tips yg bagus..akupun kalo mau beli sesuatu biasanya liat harga, review sama kandungannya apakah cocok dengan kulitku atau tidak.

    BalasHapus
  6. Nah pas banget nih tips nya karena lagi banyak juga berseliweran penawaran skincare Korea.. Terima kasih sharing tips nya ya..

    BalasHapus
  7. menemukan produk skincare yang tepat susah gampang, dulu mungkin aku coba-coba ngasal aja, sekarang aku coba perhatikan kandungannya juga yang sesuai sama tipe kulitku. Ga pengen juga tiba-tiba muncul bruntusan karena nggak cocok

    BalasHapus
  8. Benar sekali! Sebagus apapun skincare yang kita gunakan, hasilnya tidak akan optimal tanpa gaya hidup yang mendukung. Menjaga pola makan, cukup tidur, dan rutin berolahraga adalah kunci untuk memaksimalkan manfaat perawatan kulit. Tak hanya wajah, seluruh kulit tubuh juga akan merasakan dampak positifnya. terimakasih telah memberikan tips yang sangat bermanfaat ini kak

    BalasHapus
  9. Patch test sebaiknya selalu dilakukan saat mencoba produk/brand skincare baru. Tapi ntah kenapa mager banget. Soalnya produknya sudah dibeli kan, jadi bawaannya pengen langsung dipakai. Saya pernah beli skincare Korea, lumayan mahal yaitu moisturizer seharga 400rb an. Ternyata nggak cocok, karena wajah jadi kemerahaan dan iritasi. Padahal pakai serum dari merek yang sama, cocok-cocok aja, nggak alergi.

    BalasHapus
  10. Jujurly kalau beli skincare memang agak coba-coba tuh. Kadang saya percaya sama brand nya tapi produknya ngga cocok di saya. Akhirnya pakai brand lain yang paling ga udah terjamin dan halal tentunya.

    BalasHapus
  11. Wah, makasi sudah mengingatkan banyak hal sebelum mencoba skincare-skincare Korea yang bertebaran saat ini ya Kak. Concern kehalalan bahan bakunya, juga kecocokan terhadap tipikal kulit wanita Indonesia perlu diperhatikan lebih teliti. Baiknya saat mau coba produk baru, pilih kemasan yang paling kecil dulu untuk cek kesesuaiannya dengan kulit kita ya.

    BalasHapus
  12. Artikel ini bermanfaat banget! Jadi lebih ngerti cara pilih skincare Korea buat kulit normal. Btw, penulisnya keren, deh!

    BalasHapus
  13. Dulu ada merek skincare Korea yang kebetulan cocok banget sama kulit. Udah gitu pemakaiannya irit. Satu kemasan bisa buat setahunan. Sayang merek itu udah gak di Indonesia lagi. Hiks.

    BalasHapus
  14. Memahami kandungan skincare memang perlu sebelum beli. Soalnya siapa tahu aja, ada kandungan yang gak cocok dengan kulit, eh ternyata udah terlanjur beli

    BalasHapus
  15. Kebetulan kulit saya jenisnya normal. Cocok juga nih dipraktikkan tipsnya. Makasih sudah berbagi ya kak

    BalasHapus
  16. Skincare Korea tuh banyak yang suka, tapi jujur saja, aku sendiri jarang coba. Kita tuh memang harus tahu jenis kulit kita itu gimana. Kondisi tempat kita tinggal juga gak kalah ngaruh. Makanya cukup cek juga bahan dan lainnya

    BalasHapus
  17. Wajib banget tuh kak mengetahui kondisi kulit kita sblm pake skincare. Soalnya kebutuhan org akan berbeda. Kita ga bs mengacu dr influencer ternama krn blm tentu konten ttg skincare itu sesuai dgn kita. Kalo udh tahu emg wajib cobain kandungan yg dibutuhkan muka. Di samping hrs siap sedia uangnya. Kadang emg hrs sedia duit lbh utk dpt perawatan yg paripurna.

    BalasHapus
  18. Ini mindset atau bukan yaa..
    Selama itu skincare Korea, akutu kayak yang cocok-cocok aja gituu.. Soalnya kebanyakan produk mereka kan dari vegan kaan.. Jadi relatif aman tanpa patch test.

    Dan aku baru tau kalau ada label HALAL Korea jugaa... Selama ini salah satu alasan aku percaya dengan skincare Korea yang aku suka adalah pas liat ingredientsnya. Kayaknya aman yaa..
    Tapi kalau ada label HALALnya, pasti lebih tenang menggunakannya.

    BalasHapus
  19. Harus ada label Halal ya. Biar kita yang muslim tidak was-was. Penting banget sih ini. Jadi kudu jeli pas mau beli skincare Korea atau dari mana pun. Perhatikan banget deh labelnya.

    BalasHapus
  20. Pola hidup sehat sebenarnya membantu banget dalam perawatan kulit ya kak. Kadang orang-orang udah beli skincare segala macam tapi pola hidupnya enggak karuan. Kalau skincare enggak bekerja maksimal, yang salah skincare nya. Hehehe

    BalasHapus