Banner Besar Korean Stuff

Pentingnya Sunscreen untuk Kulit Kering & Rekomendasi Produk

Konten [Tampil]
Pentingnya Sunscreen untuk Kulit Kering & Rekomendasi Produk

Sunscreen untuk kulit kering memangnya sepenting itu? Tabir surya atau sunscreen adalah salah satu skincare wajib yang harus dipakai setiap hari, khususnya bagi pemilik kulit kering. Saking pentingnya, banyak ahli menganjurkan untuk reapply sunscreen setiap 2 jam sekali.

Dalam sesi Beauty Class di acara Personal Development yang aku ikuti saat masih duduk di bangku kuliah dulu, narasumber yang juga salah satu Brand Representative dari perusahaan kolaborasi menyampaikan bahwa “Semahal apapun skincare yang dipakai, tidak akan optimal jika tidak dibarengi dengan sunscreen.”

Pentingnya Sunscreen untuk Kulit Kering

Dari ungkapan di acara tersebut, kita bisa tau skincare satu ini memang sepenting itu. Lalu apa saja sih manfaat sunscreen untuk kulit kering?

1. Mengunci Kelembaban

Manfaat pertama yang bisa didapat dari penggunaan sunscreen bagi kulit kering adalah kelembaban kulit akan terkunci. Kulit kering adalah kondisi dimana kulit kehilangan kelembabannya.

Untuk itu, dibutuhkan skincare yang mampu mengunci kelembaban agar tidak semakin ‘menghilang’ dari permukaan kulit.

2. Mencegah Penuaan Dini

Sinar UV terdiri dari dua macam yakni UVA dan UVB. UVA sendiri dapat merusak lapisan kolagen dan elastin sehingga dapat mempercepat penuaan kulit.
Dilansir dari halodoc.com, kolagen adalah protein berserat yang tidak larut dan memiliki manfaat untuk menjaga elastisitas kulit. Sedangkan menurut Wikipedia, elastin adalah protein pada jaringan kulit dan tubuh yang dapat membantu menjaga kulit tetap elastis/fleksibel dan menjaganya tetap kencang.
Dengan memakai sunscreen, dua protein yang ada pada tubuh tersebut akan terlindungi dari sinar UVB.

3. Mengurangi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi dimana warna kulit tidak merata dan lebih gelap dibanding bagian yang lain. Hal ini disebabkan oleh produksi melanin yang meningkat. Salah satu faktor penyebab meningkatnya produksi melanin adalah paparan sinar matahari.

Selain dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, peningkatan produksi dapat menyebabkan munculnya bintik hitam. Nah, sunscreen dapat membantu mengontrol produksi melanin agar kulit bisa terhindar dari bintik hitam dan warna yang tidak merata.

4. Meredakan Iritasi Kulit

Iritasi sering mengiringi kulit kering, jika kulit sudah masuk ke dalam kondisi yang parah, juga jika tidak dirawat dengan baik. Beberapa sunscreen dapat memperburuk kondisi ini. Tapi, produk yang diformulasikan khusus untuk dry skin justru dapat meredakan kulit yang iritasi.

5. Investasi Kesehatan

Penyebab paling umum dari kanker kulit adalah terpapar sinar matahari berlebih. Penyakit ini adalah hal paling menakutkan dari efek sinar matahari.

Untuk mencegahnya, kita diharuskan memakai sunscreen setiap hari juga reapply setiap 2 jam sekali. Penggunaan tabir surya yang konsisten dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit yang Kering

Jenis kulit kita dibagi menjadi 5 jenis, yaitu normal, kering, berminyak, sensitif dan kombinasi. Setiap jenis kulit tersebut memerlukan perlakuan yang berbeda. Tentunya, skincare yang dipakai pun berbeda. Nah, gimana sih caranya memilih sunscreen yang tepat untuk kulit kering?

1. Pilih Sunscreen dengan Spektrum yang Luas

Tips pertama adalah pilihlah sunscreen dengan spektrum luas dengan SPF minimal 30. Kalau bisa yang lebih malah lebih bagus. SPF yang lebih tinggi akan memberikan perlindungan yang lebih baik.

2. Pilih Sunscreen dengan Formulasi yang Tepat

Setiap jenis kulit membutuhkan formulasi yang berbeda. Untuk kult kering, pilih sunscreen dengan kandungan yang dapat melembabkan seperti asam hialuronat, glycerin dan ceramide.

3. Pilih Sunscreen yang Dapat Melembabkan

Tips ketiga dalam memilih sunscreen untuk kulit kering adalah pilih produk yang dapat melembabkan. Meskipun kalian telah memakai pelembab untuk kulit kering, sunscreen yang mampu melembabkan juga dianjurkan untuk dry skin.

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit yang Kering dari Brand Korea

Ada beberapa brand Korea yang mengeluarkan sunscreen untuk kulit kering. Oke, langsung saja, ini dia rekomendasinya untuk kalian!

1. Beauty of Joseon Relief Sun: Rice + Probiotics

Rekomendasi pertama adalah sunscreen dari Beauty of Joseon yakni Beauty of Joseon Relief Sun: Rice + Probiotics. Sunscreen ini mengandung ekstrak beras dan probiotik yang dapat melindungi dari sinar UV, menutrisi dan memperkuat kulit.

Sunscreen ini memiliki kadar SPF 50+ dan PA ++++. Klaimnya, produk ini dapat digunakan oleh ibu hamil, dengan catatan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Selain ekstrak beras dan probiotik, produk berbentuk krim ini juga mengandung pelembab humektan, pelembab emolien, pelembab oklusif, niacinamide dan shooting agent. Sunscreen ini tahan sampai 2 – 3 jam.

Selain untuk kulit kering, produk dengan kemasan tube ini juga coock untuk kulit berminya, sensitif, kombinasi dan kulit normal.

Catatan Tambahan
  • BPOM: NA26220100560
  • Harga: Sekitar 150 ribu
  • Kemasan: 50 ml

2. Laneige Radian-C Sun Cream

Kalian sedang mencari sunscreen dengan fungsi ganda? Tabir surya dari LANEIGE ini mungkin bisa jadi jawaban yang kalian cari. Adalah LANEIGE Radian-C Sun Cream yang tidak hanya melindungi wajah dari paparan sinar UV tapi juga dapat mencerahkan wajah.

Fungsi ini didapatkan dari kandungan vitamin C derivatif yang dapat mengatasi noda hitam dan kulit tidak merata. Dengan rutin memakai sunscreen ini, kalian akan mendpatkan kulit yang bersih, cerah dan sehat terlindungi.

Sunscreen ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap. Selain itu, produk ini juga tidakmeninggalkan rasa lengket di kulit.

Seperti sunscreen dari Beuaty of Joeseon diatas, sunscreen ini juga mengandung pelembab humektan, pelembab emolien, pelembab oklusif dan shooting aget.sayangnya, sunscreen in tidak menambahkan niacinamide didalam kandungannya.

Tabiir surya ini memiliki bentuk krim. Selain cocok untuk kulit kering, kalian yang emmiliki kulit berminya, kulit normal dan kulit kombinasi juga bisa memakai produk ini. oh iya, hampir ketinggalan, kadar SPF nya 50+ da kadar PA nya yaitu ++++.

Catatan Tambahan
  • BPOM: NA26211700063
  • Harga: Sekitar 430 ribu
  • Kemasan: 50 ml

3. Some By Mi Truecica Mineral Calming Tone-up Suncream

Rekomendasi selanjutnya adalah dari brand Some By Mi. Pasti sudah tidakasing dong ya dengan brand satu ini. salah satu produknya yakni Some By Mi Truecica Mineral Calming Tone-up Suncream.

Bagi kalian yang memiliki kulit sensitif atau kemerahan, sunscreen ini bisa jadi ‘penolong’ bagi kalian. Karena, produk ini memiliki kandungan utama aloe vera dan truecica yang dapat menenangkan kulit sensitif. Tentunya dengan tidak meninggalkan fungsi utamanya yaitu melindungi dari sinar UV.

Dengan memakai produk ini, kalian akan mendpatkan kulit vcerah seketika. Kelebihan lainnya yaitu teksturnya yang ringan dan mudah meresap sehingga tidakakan mengganggu aktivitas dan kenyamanan kalian.

Selain kandungan utama aloe vera dan truecica, sunscreen ini juga diperkaya dengan pelembab emolien, pelembab humektan, pelembab oklusif, shooting agent dan juga niacinamide. Recommended banget ‘kan untuk kulit kering?

Catatan Tambahan
  • BPOM: NA26231700132
  • Harga: Sekitar 430 ribu
  • Kemasan: 50 ml
Sepenting itu ya sunscreen untuk kulit kering. Hayo, siapa nih yang sering mengabaikan pemakaian tabir surya? Ada yang sudah tau bagaimana kulit normal itu? Yuk kita mengenal kulit normal di artikel selanjutnya.

Sumber: id-my.best.com, skynoptik.in

11 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. dari dulu pengen coba Some By Mi belum kesampean, masih jadi wishlist hehehe

    BalasHapus
  2. Sunscreen penting banget sih. Apalagi di Indonesia ini mataharinya full, menyengat terus sepanjang hari.

    BalasHapus
  3. Pas lagi panas-panasnya cuaca diluar, pas baca artikelnya tentang sunscreen, jadi dapat rekomendasi sunscreen yang cocok untuk kult kering nih. Terima kasih informasinya mbak

    BalasHapus
  4. Sunscreen penting banget sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Terima kasih sharingnya kak.

    BalasHapus
  5. Belum nyoba semua aku, pas banget kulit wajahku sensitif dan kering

    BalasHapus
  6. Meski tahu fungsi nya., tekadang saya lupa pakai sunscreen saat akan beraktivitas di luar

    BalasHapus
  7. Saya juga typikal pemilik kulit kering jadi rekomendasi juga nih produknya

    BalasHapus
  8. Iya ya tabir surya tuh penting banget, bahkan sebelum pakai ini itu skinker paling utama adalah sunscreen dulu.

    BalasHapus
  9. Sunscreen memang skincare yang nggak boleh di-skip. Jangankan mau keluar rumah, pas nggak ke mana-mana pun tetap wajib apply tabir surya ini. Btw, harga rekomendasi sunscreen-nya lumayan juga, ya, tetapi tentunya sebanding dengan kualitasnya.

    BalasHapus
  10. Pemilihan sunscreen yang tepat tentunya akan berdampak besar pada kesehatan kulit ya, secara kulitku kan kering, duh kalau kering banget rasanya gatal dan ingin garuk terus, walaupun terjadi di wajah , ujung-ujung nya luka deh hiks

    BalasHapus
  11. Kalau untuk anak-anak bisa nggak mbak produk ini? Aku kadang males banget beli produk khusus anak, maunya yang sekalian aja biar barengan makenya.

    BalasHapus