Banner Besar Korean Stuff

Punya Kulit Normal? Jaga Kesehatannya dengan Cara Ini

Konten [Tampil]

Punya Kulit Normal? Jaga Kesehatannya dengan Cara Ini

Kulit normal adalah impian dan tidak semua orang memiliki jenis kulit ini. Meski begitu, kulit yang normal tidak selalu dalam keadaan sehat, segar, cerah atau kondisi lain yang menandakan jika kulit tersebut baik-baik saja.

Karena seperti yang kita tau, faktor penyebab masalah kulit bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti makan-makanan sehat dan kelola stres bisa nih dikendalikan. Sedangkan, faktor eksternal inilah yang tidak bisa kita kendalikan.

Tips Menjaga Kulit Normal Agar Tetap Sehat dan Bercahaya

Kulit yang sehat tidak datang dengan sendirinya, karena meskipun jenis kulit kita masuk ke dalam jenis kulit normal, akan ada saja masalah yang ‘mengganggu’. Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan kulit normal. Check it out!

1.  Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan sehat mengandung nutrisi penting bagi tubuh, termasuk kulit yang merupakan organ terbesar manusia. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah dapat menjaga kesehatan kulit.

Contohnya seperti vitamin C yang terdapat pada buah stroberi, jeruk dan brokoli yang dipercaya dapat mencegah munculnya kerutan. Ada juga vitamin E yang dapat ditemukan pada tomat, anggur dan alpukat yang memiliki sifat antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel kulit.

Selain vitamin C dan E, pastikan juga kalian memenuhi kebutuhan nutrisi harian lain yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, seperti antioksidan dan protein.

2.  Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selain memenuhi nutrisi dengan makan makanan yang sehat, kesehatan kulit juga dapat dijaga dengan memenuhi asupan cairan pada tubuh. Cairan yang dimaksud disini adalah air putih, bukan teh, kopi atau boba, ya.

Berdasarkan penelusuran kami, cielah penelusuran kayak apa aja, dalam sebuah penelitian yang berjudul “Dietary Water Affects Human Skin Hydration and Biomechanics” dalam Clinical Cosmetic and Investigational Dermatology, disebutkan adanya hubungan antara mengkonsumsi air dan kondisi kesehatan kulit.

Beberapa orang yang sebelumnya memiliki kebiasaan minum air putih yang sedikit, lalu asupan air putihnya ditambah akan memberikan hasil yang memuaskan. Hasilnya adalah meningkatnya kondisi kesehatan kulit secara menyeluruh.

3.  Istirahat yang Cukup

Aku pernah membaca sebuah cuitan di sosial media X yang bunyinya gini, “Buat apa pake skincare tapi tidur cuma 3 jam. Buang-buang uang!” Cuitan tersebut benar adanya, guys.

Percuma saja kita pakai skincare mahal-mahal tapi jam tidur kurang. Skincare tersebut tidak akan bekerja secara efektif. Tidur cukup yang dimaksud disini adalah tidur selama 8 jam dan tidak begadang.

Di malam hari, kulit akan melakukan regenerasi kulit sehingga akan terbentuk sel-sel kulit yang baru dan menggantikan sel kulit yang telah mati. Tapi, kalau kita begadang regenerasi ini tidak akan pernah terjadi.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang yang tidur cukup di malam hari mempunyai kulit yang lebih lembab. Selain itu, dengan tidur cukup, mata panda tidak akan pernah datang ke kantong mata kita.

4.  Rutin Membersihkan Wajah

Tips kedua adalah rutin membersihkan wajah minimal 2 kali sehari di pagi dan malam hari. Jangan lupa aplikasikan metode double cleansing di malam hari agar residu/kotoran yang ada di kulit terangkat.

Gunakan pembersih yang cocok dengan jenis kulit kalian. Selain itu, cari juga pembersih yang lembut, tidak menyebabkan iritasi dan hindari pembersih yang mengandung deterjen.

5.  Lindungi Kulit dengan Memakai Sunscreen

Sunscreen adalah skincare penting tapi banyak orang yang melupakannya. Padahal sunscreen ini wajib digunakan setiap hari. Tujuannya adalah untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang mengandung sinar UVA dan UVB.

Kedua sinar UV tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kulit jika terpapar terlalu lama atau berlebihan. Seperti hiper pigmentasi, penuaan dini, iritasi bahkan dapat menyebabkan kanker kulit.

Pilih sunscreen yang mengandung SPF minimal 30. Gunakan setiap 2 jam sekali. Kalau udah terlanjur pake make up gimana? Sekarang, tabir surya sudah tersedia dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah spray yang dapat digunakan untuk reapply walaupun sudah pake make up.

6.  Jaga Kelembaban Kulit

Selain pembersih dan sunscreen, skincare penting lainnya yang sebisa mungkin jangan di-skip adalah pelembab atau moisturizer. Ketiga produk tersebut masuk ke dalam kategori basic skincare.

Banyak yang menganggap jika pelembab hanya untuk kulit kering saja. Tidak, guys! Pelembab juga penting untuk semua jenis kulit untuk menjaga kesehatan juga kelembaban kulit. Selain itu, moisturizer juga dapat mencegah kerutan dan dapat menjaga skin barrier.

7.  Kelola Stres dengan Baik

Stres dan kulit kalau dipikir-pikir kayaknya nggak akan punya hubungan. Kayak aku dan dia, candaaa. Tapi, dua hal ini saling berhubungan, lho. Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit.

Saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat meningkatkan produksi minyak alami pada kulit. hormon tersebut adalah hormon kortisol. Seperti yang kita ketahui, minyak yang berlebih dapat menyebabkan penyumbatan pro-pori sehingga bakteri akan terjebak dan menimbulkan jerawat.

Selain itu, stres berlebihan juga dapat menyebabkan peradangan kulit, terganggunya fungsi kulit sebagai pelindung, menimbulkan rasa gatal pada kulit dan menurunkan kekebalan.

Kelola stres dengan baik agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Hilangkan segala beban yang membelenggu. Ikhlaskan apa yang harus diikhlaskan.

Itulah dia tips untuk menjaga kulit normal agar tetap sehat. Tidak hanya untuk kulit yang normal saja, Tips-tips di atas juga bisa diterapkan untuk berbagai jenis kulit. Selain itu, ada beberapa skincare yang direkomendasikan untuk membantu kalian dalam menjaga kulit agar tetap sehat dan terawat yang dapat dibaca di artikel selanjutnya.

Sumber: alodokter.com, halodoc.com

9 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Sepakat bangeet, gaya hidup sehat tuh benar-benar ngaruh ke kesehatan kulit bahkan kesehatan mental. Makanan sehat, olahraga, dan istirahat yang cukup, kunci dari segala permasalahan jasmani, huhu.

    BalasHapus
  2. Sepakat, stres itu ga hanya berdampak untuk kecantikan lo tetapi juga ke kesehatan, hingga beberapa penyakit menyebbakan sakit parah pada penderitanya, menurut saya ciptakan bahagiamu tak perlu menunggu atau mencarinya

    BalasHapus
  3. Kulit normal juga harus dirawat yaa, harus rajin perawatan biar nggak kusam. Kaya kulitku kalau lagi stres langsung keliatan aja jadi kusam dan muncul jerawat, huhu. Pola tidur sama stres sih ngaruh banget di kulitku.

    BalasHapus
  4. Pola makan sehat dan tidur cukup yg belum bisa maksimal. Terutama untuk usia saya yg sudah kepala 5 plus plus, hrs benar-benar merawat kulit secara maksimal agar flex dan kerutan berkurang.

    BalasHapus
  5. Reminder banget buat aku si pemilik kulit normal. Terkadang keenakan karena merasa kulit nggak kenapa-kenapa, jadi perawatannya tidak optimal. Padahal meskipun kelihatannya baik-baik saja pasti banyak kotoran yang menempel. Kalau tidak rajin dibersihkan tentunya akan menjadi masalah di masa mendatang.

    BalasHapus
  6. Kulit yang normal aja perlu dijaga, apalagi yang nggak normal misal kering banget dan sensitif kayak aku gini ya, butuh penjagaan ekstra. Tips-tips ini juga berlaku buat kulit sensitif juga deh menurutku. Aku akhir-akhir ini rajin skinkeran, rajin pake sunscreen juga. Eh btw, menjaga kelembaban kulit juga perlu dengan konsumsi air putih minimal 2 liter per hari lo, kata dokter yang aku pernah konsultasi. Terus juga minum kafein itu ternyata gak cuma bikin tubuh dehidrasi, tapi juga bisa termanifestasi dengan kulit yang kurang hidrasinya.

    BalasHapus
  7. Noted, Mbak. Pola hidup sehat dan basic skincare itu cukup ya. Gak harus pakai skincare neko-neko, hehe... Karena sepertinya skincare dan kuliner jadi trend lifestyle akhir-akhir ini. Tetiba muncul banyak banget pilihan yang sebenarnya gak semua akan cocok sama kulit dan tubuh kita ya. Jangan sampai terbawa arus trend saja tapi mengesampingkan manfaatnya ya.

    BalasHapus
  8. Banyak ya stepnya untuk menjaga kulit normal agar tetap sehat. Ada benernya juga kalau udah pakai skinker mihil-mihil tapi nggak diiringi dengan pola hidup sehat. Ya mubadzir donk. Hihi

    BalasHapus
  9. Wah saya baru tau, suncsreen harus reapply setiap 2 jam ya mbak? nice info

    BalasHapus