Banner Besar Korean Stuff

Step by Step Penggunaan Skincare untuk Kulit Normal

Konten [Tampil]

 

Step by Step Penggunaan Skincare untuk Kulit Normal

Tidak semua orang memiliki kulit sehat dari sononya seperti Jaehyun NCT atau penyanyi Syahrini. Begitupun dengan kulit normal yang tentunya masih membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan cerah.

Perawatan kulit ini pun tidak boleh sembarangan, ada step by step yang harus diikuti agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Urutan Pemakaian Skincare untuk Kulit Normal

Umumnya, skincare dipakai dua kali sehari yaitu pagi dan malam hari. Selain itu, ada juga produk tertentu yang hanya dipakai malam hari saja, atau bahkan dalam jangka waktu tertentu seperti seminggu sekali atau seminggu 2 kali. Berikut ini adalah urutan penggunaan skincare untuk kulit normal.

Pagi Hari

1.  Face Wash

Skincare pertama yang harus dipakai saat pagi hari adalah face wash. Mencuci muka dapat membantu menghilangkan sisa skincare di malam hari, apalagi di malam sebelumnya memakai skincare dengan bahan aktif seperti retinol yang aktif sampai 12 jam.

2.  Hydrating Toner

Bagi pemakai toner, produk ini ditempatkan pada urutan kedua setelah face wash. Manfaat memakai toner di pagi hari adalah membantu melembabkan kulit. Kalian dapat menggunakan toner berbahan dasar hyaluronic acid.

3.  Serum

Skincare selanjutnya adalah serum. Jangan keliru ya antara serum dan toner, toner dulu baru serum karena toner lebih ringan daripada serum.

Serum yang dipakai di pagi hari biasanya mengandung antioksidan untuk mencegah radikal bebas dan juga serum yang bertujuan untuk mencerahkan kulit.

4.  Moisturizer

Skincare selanjutnya adalah moisturizer atau pelembab. Kalian bisa memilih pelembab yang memiliki tekstur gel atau krim. Memakai moisturizer saat pagi hari adalah dapat mengunci skincare yang sebelumnya dipakai, juga dapat melembabkan kulit.

5.  Sunscreen

Ini nih skincare yang nggak boleh ditinggalkan. Adalah sunscreen atau tabir surya yang merupakan ‘koentji’. Semahal apapun skincare yang dipakai tidak akan berguna jika tidak dibarengi dengan sunscreen. Karena musuh terbesar kulit adalah sinar ultraviolet.

Manfaat yang diberikan sunscreen sangat diperlukan sebagai perlindungan bagi kulit untuk menangkal sinar UV, baik UVA maupun UVB. Apalagi yang sering bepergian, wajib banget bawa produk ini di dalam tas.

Step by Step Penggunaan Skincare untuk Kulit Normal

Malam Hari

1.  Double Cleansing

Jika di pagi hari cuci muka sekali saja sudah cukup, maka di malam hari tidak berlaku hal yang sama. Double cleansing adalah metode yang dianjurkan untuk pembersihan wajah di malam hari. 

Manfaat yang akan didapat dari double cleansing ini sendiri adalah wajah yang lebih bersih. Sebab, tidak semua kotoran akan terangkat hanya dengan mencuci wajah dengan sabun saja. 

2.  Toner

Step ini untuk yang memakai toner karena tidak semua orang memakai toner. Setelah double cleansing, selanjutnya adalah mengaplikasikan skincare lainnya yang diawali dengan toner. 

Penggunaan toner di malam hari akan membersihkan, menutrisi dan mempercepat proses perawatan kulit sehingga saat bangun tidur kulit akan lebih lembab dan juga glowing

3.  Serum

Setelah pakai toner, skincare selanjutnya adalah serum. Kalo nggak pake toner ya bisa langsung ke serum. Untuk kulit normal, kalian bisa memilih serum yang mengandung niacinamide, retinol, hyaluronic acid atau bakuchiol

Serum bermanfaat untuk menjaga kulit tetap cerah, meningkatkan produksi kolagen dan juga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. 

4.  Moisturizer

Moisturizer atau pelembab tidak hanya dipakai saat pagi hari saja, malam hari pun harus tetap pakai pelembab. Bahkan, dari salah satu penelusuran ku, ada salah satu sumber yang mengatakan pakai pelembab itu 3 kali sehari, supaya kulit tetap terjaga kelembabannya. 

Pilih moisturizer yang bertekstur light dan mudah meresap. Sama seperti penggunaan pelembab di pagi hari, pemakaian pelembab di malam hari atau sebelum tidur dapat mengunci skincare yang telah dipakai sebelumnya. 

5.  Eye Cream

Kulit kalian normal tapi punya mata panda? Bisa banget nih pake eye cream, yang mana jadi step terakhir dalam langkah pemakaian skincare di malam hari. 

Krim yang hanya digunakan di kelopak mata saja ini dapat memberi manfaat yaitu menghilangkan mata panda, menjaga elastisitas kantung mata dan mencerahkan kantung mata. 

Mingguan

1.  Masker

Selain memakai produk perawatan pagi dan malam, kulit normal juga perlu perawatan mingguan. Salah satunya adalah masker. Fungsi dari masker bermacam-macam tergantung dari varian dan juga jenis masker. 

Kalian bisa memakai sheet mask yang bisa dipakai 2 kali dalam seminggu. Juga bisa memakai wash off mask atau peel off mask yang bisa dipakai 1 minggu sekali. 

2.  Eksfoliasi

Perawatan mingguan yang tak kalah penting adalah eksfoliasi. Semua jenis kulit disarankan melakukan eksfoliasi secara rutin untuk membersihkan kulit secara mendalam. 

Karena terkadang double cleansing saja tidak dapat mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Dengan eksfoliasi, kulit akan tampak lebih cerah dan bye-bye kulit kusam.

Apa Perbedaan Penggunaan Skincare Pagi dan Malam?

Penggunaan skincare pagi dan malam sudah diterapkan sejak dulu. Aku masih inget waktu SD sering ikut nimbrung ibu-ibu, banyak yang gibahin krim malam dan krim siang.

Jujurly, dulu bingung, memangnya bedanya krim malam dan krim siang itu apa sih? Kenapa nggak jadi satu aja? Ternyata tujuan pemakaian skincare di pagi dan malam hari itu berbeda, lho. Apa sih perbedaannya? 

Poin utama dari penggunaan skincare di pagi hari adalah untuk memberikan perlindungan ekstra. Yang mana, pagi hari adalah awal dari dimulainya berbagai aktivitas. 

Apalagi yang sering keluar rumah, pasti ada aja yang namanya debu, polutan, radikal bebas dan yang paling utama adalah sinar UV. Ngeri banget! 

Untuk pengaplikasiannya, skincare pagi bisa diaplikasikan sedikit lebih tipis dibandingkan skincare malam. Kecuali sunscreen, ya. Tujuannya adalah untuk mencegah penyumbatan yang kemungkinan akan terjadi. 

Sedangkan untuk skincare malam, poin utamanya adalah untuk memperbaiki kulit. Di malam hari, kulit akan mengalami regenerasi dan mengeluarkan kolagen. 

“Itulah sebabnya begadang itu dilarang. Karena kalo begadang kulit nggak akan bisa regenerasi. Buat apa pake skincare kalo masih begadang?”

Untuk itulah, kalian bisa memilih skincare dengan bahan aktif yang lebih kuat untuk membantu proses tersebut. 

Nah, untuk perbedaan dari krim malam dan krim siang yang telah dibahas diatas. Ternyata keduanya memiliki perbedaan kandungan, lho. 

Krim malam memiliki kandungan yang lebih kaya daripada krim siang. Krim malam atau night cream juga memiliki kandungan aktif yang dapat mengatasi masalah tertentu. Seperti jerawat, pigmentasi dan juga mengatasi penuaan. 

Udah tau kan ya perbedaan pemakaian skincare pagi dan malam manfaatnya? Jangan lupa tertibkan urutan perawatan kulit normal ini, agar tetap shining, shimmering, splendid, eaaa.

Untuk kalian yang punya normal skin dan tertarik dengan produk perawatan dari Korea, bisa banget baca cara memilih skincare Korea untuk kulit normal di artikel selanjutnya. 

Sumber: fimela.com, watsons.co.id

18 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Kalo aku cuman pake face wash aja. Jarang pake serum dan lainnya. Palingan sunskrin sih, pernah pakai juga, heheh


    Newsartstory

    BalasHapus
  2. Ini rangkaian yang peling idel sih. Kadang kalau lagi buru2 banget, cuma pake serum, lalu tabir surya. Gapapa kan ya?

    BalasHapus
  3. Aku selalu melewatkan pakai toner, tapi serum dan sunscreen pasti pakai. Kadang suka kebalik-balik kalau mau pakai produk skincare ini. Hehe.. :D

    BalasHapus
  4. True. Kulit wajah itu kayak aset ya, jadi harus bener2 dirawat dgn baik dan telaten. Terutama sunscreen, aku berusaha bgt gak skip sunscreen buat mencegah kulit gosong dan gampang keriput, hihi. Ya, meskipun emg sunscreen bkin wajah gampang berminyak dan makeup gak terlalu nempel.

    BalasHapus
  5. Apalagi saat sekarang ini kondisi cuaca di Indonesia sedang tidak menentu yah kak? kadang panasnya itu lho yang sampai bisa 34 derajat celcius (kalau di tempat saya), informasi ini bisa menjadi pilihan urutan penggunaan skincare yang pas, thank you!

    BalasHapus
  6. Wow, tips skincare-nya lengkap banget! Kulit normal juga butuh perawatan ekstra, ya. Terima kasih sudah sharing, saya jamin info ini bikin pembaca makin rajin merawat kulit! 😊

    BalasHapus
  7. Dari semua tahapan penggunaan skincare ini, hal yang belum pernah saya coba itu eksfoliasi. Kalau maskeran sebulan sekali. Maskeran sambil nonton drakor itu me time saya. Hahaha.

    BalasHapus
  8. Penting banget ya menjaga kesehatan kulit dengan rutin menggunakan skincare... Tapi PR saya tuh suka malas pakai skincare malam, hiks...

    BalasHapus
  9. Sekarang saya kembali ke basic skincare nggak lagi pakai skincare paketan.....yah walau baru berjalan 3 bulan progresnya sedikit terlihat but jauh lebih skin minimalism dan nggak berat di wajah

    BalasHapus
  10. Rutin pake skincare itu emang penting banget buat kulit ya, soalnya efeknya berasa untuk jangka panjang, saya sendiri termasuk yang masih malas n suka-suka tuk skin care an, khususnya bagian eksfoliasi. thx for remindernya kak

    BalasHapus
  11. Ada beberapa yang daku lewatkan hehe.
    Karena memang suka lupa dan malas sih, jadinya yang lain aja yang di rutinkan seperti ss, toner, pembersih dan serum

    BalasHapus
  12. Spek cowo kek Jaehyun, Chenle, Jaemin ((eh, dia mah perawatan yaa..)) gabisa banget dijadiin bahan perbandingan yaa...

    Awalnya kirain perkara sumber air suci-nya.
    Ternyataaa.. brikutnya ada kandidat mbak Syahrini, sang Incess.. yawda siih.. fixed kudu perawatan dengan skincare yang baik, perhatikan kandungannya dan jangan lupa jaga gaya hidup sehat.

    PR terbesar aku justru bukan begadang sii.. tapi minum.
    Ini kaya yang masii butuh banget reminder.

    BalasHapus
  13. Merawat kesehatan kulit itu penting
    Salah satunya dengan rutin menggunakan skincare yang tepat tahapannya dan cocok untuk jenis kulit

    BalasHapus
  14. Nah ini mencerahkan banget cara2 penggunaan skincare-nya. Emg menurut dokter ya lagkahnya spt ini sih. Kita ga bakal keliru lagi tuh kalo ngikutin smua stepnya.

    BalasHapus
  15. katanya kalo paham karakter kulitnya sendiri pasti penggunaan skincare jadi lebih maksimal ya? dan apakah ini harus konsultasi ke dokter atau bisa kita ketahui sendiri ya?

    BalasHapus
  16. Jujur aku sampai sekarang masih suka skip Skincare malam ini karena males banget hehehe padahal Skin Care di malam hari itu kandungannya lebih bagus ya dibandingkan Skin Care di siang hari.

    BalasHapus
  17. Apapun jenis kulitnya, berarti yang penting adalah menjaga basic skincare dulu ya, kak?

    BalasHapus
  18. tahapannya ke skip aja beda hasilnya apalagi sampai lupa terutama night routine. biasanya karena kecapean sampai ketiduran terus lupa skincarean, besoknya auto jerawatan! hiks.

    BalasHapus