Banner Besar Korean Stuff

8 Cara Mengatasi Kulit Berminyak, Sudahkah Kamu Tahu?

Konten [Tampil]

8 Cara Mengatasi Kulit Berminyak, Sudahkah Kamu Tahu?

Oily skin atau kulit berminyak menjadi masalah serius bagi pejuangnya. Cara mengatasi kulit berminyak pun bermacam-macam. Namun, disamping mencari cara untuk mengatasinya, banyak yang masih tidak menghindari hal-hal yang dilarang dilakukan oleh pemilik oily skin.

Padahal selain mengatasinya, ada juga hal yang harus dihindari karena akan memperparah juga membuat usaha yang dilakukan jadi sia-sia.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Kalo kemaren kita sudah membahas ciri dan penyebab kulit berminyak hingga bedanya dengan glass skin, sekarang kita akan berbicara tentang cara mengatasi kulit berminyak. Gimana tuh caranya? Cekidot!

1. Rutin Mencuci Wajah

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi kulit berminyak adalah mencuci wajah secara teratur. Tidak hanya untuk oily skin saja, mencuci wajah wajib dilakukan oleh semua jenis kulit. bahkan kulit normal sekalipun.

Cuci wajah 2 kali sehari setiap pagi dan malam hari. biasakan juga untuk menghapus make up dan mencuci wajah sebelum tidur, yang juga disebut dengan teknik double cleansing.

Selain itu, cuci wajah juga bisa dilakukan setelah melakukan aktivitas yang berkeringat seperti olahraga. Gunakan sabun dengan tekstur lembut dan jangan terlalu digosok untuk menghindari iritasi kulit.

2. Memakai Moisturizer Khusus Kulit Berminyak

Anggapan bahwa kulit berminyak tidak perlu memakai moisturizer adalah salah besar. Karena kulit berminyak pun tetap butuh moisturizer agar kulit tetap terhidrasi.

Pelembab tidak akan menyebabkan kulit semakin berminyak. Seperti produk skincare lain, pelembab juga ada yang khusus oily skin, bisa pelembab bebas minyak, bisa juga pelembab yang water based.

Dengan memakai moisturizer khusus ini, kalian akan terhindar dari jerawat akibat pori-pori yang tersumbat oleh moisturizer. Gunakan pelembab setelah wajah dibersihkan, ya.

3. Memakai Toner

Cara mengatasi kulit berminyak yang ketiga adalah dengan memakai toner. Pemakaian toner bertujuan untuk membantu mengangkat sisa make up dan kotoran. Kurang lebih mirip dengan eksfoliator.

Selain itu, toner juga dapat membantu mengangkat minyak yang berlebih pada kulit. Dengan begitu, pori-pori tidak akan tersumbat dan wajah terhindar dari jerawat.

Gunakan toner setelah wajah dibersihkan atau sebelum moisturizer. Kalian dapat memilih toner yang mengandung salicylic acid atau asam salisilat, citric acid atau asam sitrat dan juga witch hazel.

4. Memakai Sunscreen Noncomedogenic

Pembersih, moisturizer dan juga sunscreen adalah tiga basic skincare yang wajib dipakai oleh jenis kulit apapun, begitu juga dengan kulit berminyak. Khusus untuk kulit berminyak, pilih sunscreen yang noncomedogenic agar terhindar dari penyumbatan pori-pori.

Umumnya, khusus kulit berminyak, tersedia sunscreen dalam bentuk spray atau gel. Kedua tekstur dapat terserap dengan cepat di kulit sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.

Sunscreen dapat doiles setiap 2 sampai 3 jam sekali. Gunakan jenis sunscreen spray atau bedak agar semakin mudah untuk retouch.

5. Memakai Clay Mask

Oily skin dapat diatasi dengan memakai masker wajah. Salah satu masker yang dianjurkan adalah clay mask. Manfaat dari clay mask adalah dapat membersihkan juga mencegah dan mengatasi munculnya jerawat dan komedo.

Clay mask adalah masker yang terbuat dari tanah liat yang memiliki kandungan mineral. Mineral yang biasa diperoleh adalah bentonite dan kaolin.

6. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Cara yang ke-6 adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Sama seperti toner, dong?

Beda, guys. Eksfoliasi dapat membersihkan hingga ke pori-pori terdalam. Dengan begitu, masalah pori-pori tersumbat akan teratasi dengan melakukan eksfoliasi.

Pilih eksfoliasi kimiawi dengan memakai BHA atau asam beta hidroksi. BHA yang paling sering dipakai adalah salicylic acid atau asam salisilat. Untuk kulit berminyak, kalian bisa memakai media kapas untuk membantu mengoleskan pada kulit.

Cukup tuangkan 1 sampai 2 tetes eksfoliator dan oleskan pada permukaan kulit wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Gunakan 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

7. Memakai Kertas Minyak

Cara mengatasi kulit berminyak selanjutnya adalah dengan memakai kertas minyak. Eits, bukan kertas minyak warna coklat yang biasa dipakai untuk membungkus makanan, ya. Tapi kertas minyak yang khusus untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah.

Barang satu ini bisa jadi salah satu barang wajib yang harus ada di dalam tas saat bepergian. Ketika wajah sudah terlihat mengkilap, kertas bisa ditempelkan pada wajah untuk beberapa detik, kemudian angkat.

Ingat, ya, ditempel bukan digosok.

8. Memakai Make Up Khusus Oily Skin

Selain jerawat, hal yang paling ‘menggemaskan’ dari memiliki kulit berminyak adalah make up lebih cepat luntur. Untuk mengatasinya, kalian bisa memakai make up khusus wajah berminyak. Produk khusus oily skin ini umumnya bersifat noncomedogenic dan sudah bebas dari minyak.

Hal yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

Selain mengatasinya, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh pemilik oily skin. Ini dia.

  1. Tidak membersihkan wajah setelah beraktivitas
  2. Terlalu sering mencuci wajah
  3. Memakai beberapa produk sekaligus
  4. Memakai make up yang tebal

Itulah dia beberapa cara mengatasi kulit berminyak yang bisa kalian coba. Jangan lupa perhatikan juga hal-hal yang harus dihindari oleh pemilih oily skin. Ngomong-ngomong soal bersih-bersih wajah nih, di artikel selanjutnya aku akan membahas pembersih wajah untuk kulit berminyak.

Sumber: alodokter.com, halodoc.com

3 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Kulit berminyak justru ga boleh sering bersihkan minyak ya, saya pikir malah sebaliknya, ta infokan ke saudara yang memiliki kulit berminyak, karena selama ini dia begitu

    BalasHapus
  2. Hehe. Namanya sama-sama kertas minyak, ya. Hati-hati tertukar. Kulit suamiku juga berminyak, jadi gampang banget komedoan. Satisfying kalau sudah pakai kertas buat ngangkat komedo.

    BalasHapus
  3. Wah baru tahu ternyata nggak boleh ya menggunakan kertas berminyak.. saya juga s ering banget jerawatan

    BalasHapus