Banner Besar Korean Stuff

Pelembab Wajah Terbaik untuk Kulit Normal dari Brand Korea

Konten [Tampil]
Pelembab Wajah Terbaik untuk Kulit Normal dari Brand Korea

Pelembab wajah terbaik adalah skincare yang banyak dicari. Bagaimana tidak, pelembab atau moisturizer adalah salah satu dari tiga basic skincare yang harus dipenuhi. Udah kaya makanan sehat aja, hehe.

Berbeda dengan essence ataupun toner dan serum, ketiganya merupakan skincare pelengkap. Yang mana jika tidak ada kondisi khusus maka tidak perlu memakainya. 

Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Normal

Kulit normal adalah kulit yang memiliki keseimbangan antara air dan minyak di permukaan kulit. Entah itu di kulit wajah, tangan, kaki atau bagian lain. Selengkapnya tentang kulit normal sudah pernah ku tulis di artikel ku yang berjudul "Kulit Normal Itu yang Gimana Sih? Simak Jawabannya Disini!”.

Nah, karena keseimbangan yang dimilikinya, kulit jenis ini tidak membutuhkan treatment yang gimana-gimana. Untuk moisturizer, kulit normal membutuhkan pelembab yang water based atau berbahan dasar air dengan tekstur yang ringan. Contohnya seperti pelembab yang berbentuk lotion atau gel.

Sedangkan kandungan yang direkomendasikan adalah kandungan yang dapat mengunci kandungan air pada kulit. Seperti niacinamide.

Selain dua hal diatas, ada beberapa hal lagi yang harus kalian perhatikan sebelum membeli moisturizer atau pelembab.

Pelembab Wajah Terbaik untuk Kulit Normal dari Brand Korea

1. Mengenali Jenis Kulit

Hal pertama dan paling utama yang harus diperhatikan adalah kita harus tau kulit kita termasuk jenis kulit mana. Normal, kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif?

Untuk mengetahui skin type kita, ada beberapa tes yang bisa dilakukan. Tenang saja, tes kulit wajah bisa dilakukan di rumah tanpa mengeluarkan budget berlebih.

Berikut ini adalah sedikit panduan untuk 5 jenis kulit pada umumnya.

  • Kulit normal dan kulit kombinasi, bisa memakai apa saja, tapi pelembab yang lebih direkomendasikan untuk kulit kombinasi adalah yang berbahan dasar air.
  • Kulit kering, direkomendasikan memakai moisturizer berbahan dasar minyak.
  • Kulit berminyak, lebih direkomendasikan memakai pelembab berbahan dasar air.
  • Kulit sensitif, direkomendasikan memakai pelembab yang mengandung bahan yang dapat menyejukkan dan bertekstur lembut seperti aloe vera atau lidah buaya.

2. Perhatikan Label atau Keterangan pada Kemasan

Hal penting yang paling sering diabaikan adalah memperhatikan keterangan atau label kemasan. Padahal kunci utama dari sebuah produk ada pada kemasannya.

Seperti dilansir dari hellosehat.com, moisturizer yang baik untuk kulit adalah produk yang dapat memberikan perlindungan pada kulit dan tidak mengandung bahan berbahaya. Hayo, dicek lagi pelembabnya, sudah termasuk ke dalam pelembab wajah terbaik atau belum nih?

Beberapa hal yang harus dicermati dalam kemasan produk adalah kandungan bahan aktif, sudah hypoallergenic dan non comedogenic serta terbuat dari bahan alami dan organik.

3. Memiliki Kandungan Humektan

Ada yang sudah tau apa itu humektan? Humektan adalah zat pelembab yang bekerja dengan cara menarik cairan dari lapisan kulit terdalam ke lapisan terluar.

Beberapa zat yang masuk ke dalam zat humektan adalah asam laktat atau lactic acid, asam hialuronat atau hyaluronic acid, urea (carbamide resin, isourea, carbonyl diamide dan carbonyl amine) dan sorbitol atau glucitol.

4.  Memiliki Kandungan Oklusif

Oklusif adalah zat yang bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung pada kulit sehingga dapat mengunci kelembaban dan mencegah air menguap dari kulit.

Zat oklusif dapat bekerjasama dengan zat humektan sehingga memilih moisturizer dengan dua kandungan ini dapat memberikan hasil yang maksimal. Oklusif mampu meningkatkan fungsi humektan.

Bahan yang masuk ke dalam zat oklusif adalah petrolatum atau petroleum jelly, lanolin, silikon atau silicon, dimetikon dan minyak mineral (mineral oil atau minyak parafin).

5.  Memiliki Kandungan Emolien

Emolien bekerja seperti semen yang akan mengisi retakan atau celah pada kulit. Hasilnya, kulit akan tampak cerah dan halus. Emolien juga dapat berfungsi seperti oklusif yang dapat meningkatkan fungsi humektan.

Beberapa bahan yang termasuk zat emolien adalah minyak mineral atau mineral oil, minyak kelapa atau coconut oil dan minyak argan atau argan oil.

6. Menghindari Pelembab yang Mengandung Alkohol dan Fragrance

Saat kalian memilih skincare, termasuk pelembab wajah terbaik, hindari memilih produk dengan kandungan alkohol dan fragrance di dalamnya. Kenapa?

Alkohol dapat mengikis lapisan pelindung pada kulit. Apalagi jika kulit kalian termasuk jenis kulit kering. Selain itu, alkohol juga dapat memicu minyak berlebih sehingga akan membuat kulit jadi breakout.

Sedangkan fragrance atau pewangi dapat memicu reaksi alergi, iritasi dan peradangan pada kulit.

Rekomendasi Pelembab Wajah Terbaik untuk Kulit Normal dari Negeri Ginseng

Ada beberapa pelembab wajah terbaik dari Korea yang recommended untuk kulit normal. Apa saja? Ini dia.

  1. COSRX Aloe Vera Soothing Gel
  2. Etude House Soon Jung Hydro Barrier Cream
  3. Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel
  4. Benton Aloe BHA Skin Toner
  5. Innisfree Green Tea Seed Serum

Itulah dia pelembab wajah terbaik dari Korea Selatan yang bisa kalian pilih untuk produk perawatan wajah kalian. Atau ada yang sudah pakai produk-produk diatas?

Selain pelembab, skincare lain yang masuk ke dalam basic skincare adalah sunscreen. Nah, untuk itu, selanjutnya aku akan membahas sunscreen untuk kulit normal

Sumber: alodokter.com, hellosehat.com

7 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Wah bagus banget aman dan halal lagi.. Pingin coba ah.. Apalagi tanpa efek samping

    BalasHapus
  2. Untuk aku yang nggak ngerti dunia per-skincare-an, baca artikel ini jadi makin paham, bisa banget dipake buat panduan beli skincare yang cocok buat aku. Nice info Kak :)

    BalasHapus
  3. Bagi aku yang berkulit kering memang benar kok, pelembab yang harumnya berlebihan dan mengandung alkohol membuat kulit ki tambah kering. La yang berkulit normal aja bikin tambah kering apalagi aku yang berkulit kering

    BalasHapus
  4. Untuk kulit seusia saya yg hampir kepala 6, pelembab sangat diperlukan dan wajib. Hal ini untuk menghindari agar kulit tidak makin kering dan keriput.

    BalasHapus
  5. Wah, baru tahu kalau ternyata kandungan alkohol dalam skincare bisa bikin kulit makin rusak ya. Padahal sering nemu skincare yang mengandung alkohol di pasaran bebas. Hmm.. Harus lebih hati-hati nih. Pilih yang direkomendasiin Mbak Filza saja.

    BalasHapus
  6. Negeri ginseng nih emang terkenal dengan produk kecantikannya ya. Kayaknya wajar aja kalau artinya tuh kulitnya glowing parah yaa...duh banyak rekomendasi skinker kulit normal, aku normal sensitif, rada tricky nyari skinkernya.

    BalasHapus
  7. eh aku baru tau istilah di kandungan skincare macam humektan, oklusif, emolient. CosRX emang populer banget ya. aku baru nyoba yang benton aloe skin toner, emang enak banget dan termasuk murah. tapi sekarang ga pake lagi soalnya kepikiran sama status halalnya. kalo ada info halalnya, mau dong diinfoin mbak, mau banget pake lagi

    BalasHapus