Banner Besar Korean Stuff

Segarkan Mata dengan Panorama Indah Kebun Teh Wonosari Malang ini

Konten [Tampil]

Segarkan Mata dengan Panorama Indah Kebun Teh Wonosari Malang ini

DISCLAIMER

Tulisan ini adalah memori kenangan di tahun 2022 lalu dan ditulis pada tahun 2024. Maklumin aja lah ya, yang nulis jarang jalan-jalan, ehehe. Maka dari itu, jika ada ketidaksesuaian dengan keadaan sekarang bisa share di kolom komentar, ya! Maafkan dan terima kasih, ya ges ya.

Yaaah, begitulah, namanya hidup nggak melulu soal jalan-jalan aja. Saking jarangnya, sampai pengalaman berlibur ke Kebun Teh Wonosari 2 tahun lalu dijadikan bahan tulisan.

Bukan berarti nggak pernah jalan-jalan banget, ya. Tahun kemarin aku berkesempatan healing tipis-tipis di Alun-alun Lamongan yang terkenal dengan wahana bianglala nya. Sama seperti di Alun-alun Kota Batu yang juga memiliki sarana bianglala, Lamongan juga ada, lho. Nggak kalah seru pokoknya!

Catatan Perjalanan Menuju Kebun Teh Wonosari Malang

Kebun Teh Wonosari Malang berlokasi di Lereng Gunung Arjuno, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kalau ada yang tau Pasar Lawang, nah kebun teh ini dekat dengan pasar yang menjadi andalan wisatawan untuk belanja sayur sebagai oleh-oleh.

Pengalaman ini kayaknya nggak akan terlupakan deh. Aku berangkat dari Lamongan bagian selatan di malam hari melalui jalur Cangar yang menghubungkan Mojokerto dan Batu. Kenapa nggak dari Gresik yang merupakan domisili ku?

Saat itu, aku sedang menjalani salah satu program yang paling ditunggu mahasiswa. Yup, KKN adalah jawabannya. Kelompok kami kebetulan memiliki kesempatan untuk berlibur dari padatnya kegiatan waktu itu.

Segarkan Mata dengan Panorama Indah Kebun Teh Wonosari Malang ini
Pemandangan Paralayang pada dini hari
Sumber: Dokumen Pribadi

Kami memulai perjalanan tersebut pada malam hari sekitar pukul 8 malam. Sengaja berangkat di malam hari karena akan menuju Paralayang terlebih dahulu. Yang mana, view terbaik di Paralayang adalah saat dini hari hingga pagi hari.

Dari Paralayang, kami melanjutkan perjalanan ke Alun-alun Kota Batu untuk mencari sarapan dan beristirahat sejenak di Masjid Agung AN-Nuur. Sambil mandi juga tentunya, ehehe. Setelah dirasa energi telah kembali, kami pun bertolak ke wisata tujuan.

Segarkan Mata dengan Panorama Indah Kebun Teh Wonosari Malang ini
Singgah di Alun-alun Kota Batu
Sumber: Dokumen Pribadi

Tibalah kami di lokasi yang dituju. Setelah dari parkiran dan berjalan sedikit (Nggak tau ke arah mana, huhu) pintu loket pun akhirnya terlihat. Karena di waktu tersebut masih ada sisa-sisa kebijakan pandemi, sebelum membeli tiket terlebih dahulu petugas melakukan tes suhu badan.

Setelahnya, kami di beri stiker yang bertuliskan “HEALTHY PEOPLE” yang menandakan rombongan kami bebas dari virus yang sedang menjadi ketakutan orang-orang satu dunia.

Segarkan Mata dengan Panorama Indah Kebun Teh Wonosari Malang ini
Sumber: Dokumen Pribadi

Tujuan kami ke kebun teh ini adalah untuk melihat hamparan teh dari atas Bukit Kuneer. Disana ada sebuah jembatan yang dapat digunakan untuk melihat hamparan teh yang mampu menyejukkan mata.

Kebun Teh Wonosari berada di ketinggian 950 sampai 1250 mdpl. Temperaturnya antara 19 sampai 26 derajat Celcius.

Setelah berjalan kaki kurang lebih satu jam akhirnya kami sampai di tempat yang dituju. Alhamdulillah, jembatan yang kami incar nggak terlalu ramai orang foto. Hanya antri satu rombongan dan kami pun sudah bisa mengambil gambar dari ketinggian. Walau enggak di puncak tertingginya setidaknya nggak sia-sia lah, ya.

Jika tadi sudah membeli tiket, untuk naik ke jembatan yang ada di Bukit Kuneer, wisatawan harus membayar tiket lagi sebesar 10 ribu. Awalnya kecewa sih karena bukit dan jembatan tersebut masuk ke dalam kawasan Kebun Teh Wonosari tapi kok masih diharuskan beli tiket?

Karena kami nggak tau juga kalo diatas akan diharuskan membeli tiket lagi dan nggak mau ‘pendakian’ kami sia-sia, akhirnya kami memutuskan untuk merogoh kocek lagi. Worth it, nggak? Tentu saja!

Kalo dulu aku dan teman-teman memutuskan untuk kembali saja, kayaknya kami akan menyesal sih. Gimana enggak? Pemandangannya seindah ini.

Bukan karena kami nggak mau keluar uang, pelit, medit dan semacamnya, kami masih memikirkan hari esok mau makan apa karena masih ada beberapa hari di tempat pengabdian. Jadi, hemat itu harus, ehehe.

Kesan Manis dari Perjalanan Singkat

Segarkan Mata dengan Panorama Indah Kebun Teh Wonosari Malang ini
Dari kiri ke kanan (Jalan menuju Bukit Kuneer, abaikan yang tengah wkwk, jembatan di Bukit Kuneer)
Sumber: Dokumen Pribadi

Bagi orang yang pertama kali mengunjungi kebun teh, aku sangat takjub dengan pemandangan yang disuguhkan. Hamparan pohon teh nya mampu menyegarkan pikiran dari penatnya kegiatan selama sebulan ke belakang.

Setelah sekian lama hanya bisa melihat dan membayangkan saja gimana rasanya berpijak diantara hamparan kehijauan pohon teh, akhirnya tau juga rasanya gimana. Benar-benar definisi yang sesungguhnya.

Oh iya, selain itu rasa penasaran akan aroma dari daun teh terjawab sudah. Harumnya gimana? Nggak ada, guys, seperti bau daun kebanyakan. Mungkin wanginya keluar saat sudah diproses kali, ya. Yang tau bisa tulis di kolom komentar, ya.

Fasilitas Apa Aja yang Ada di Lokasi?

Selain Bukit Kuneer dan jembatannya, ada fasilitas lain yang bisa kalian nikmati di sana. ATV, visit tea factory, paintball, flying fox, wisata kuliner, sepeda gunung, kereta kelinci, kolam air hangat, hotel dan camping ground adalah sederet fasilitas yang bisa kalian nikmati saat bertandang ke kebun teh di Kabupaten Malang ini.

Gimana Akses Menuju ke Lokasi?

Wisata kebun teh ini berada di Bodean Putuk, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Lokasinya sangat strategis yang mana dapat ditempuh hanya dalam waktu 8 menit dari exit tol Lawang.

Ada beberapa rute yang bisa kalian lalui untuk mengunjungi kebun teh ini.

  1. Dari Kota Malang hanya berjarak 26 kilometer jika menggunakan kendaraan pribadi. Kalian akan memasuki Jl. Raya Mondoroko dan Jl. Diponegoro sebelum sampai ke lokasi tujuan.
  2. Dari Kota Surabaya yang menempuh jarak 83,6 kilometer, kalian bisa mengambil jalur Jalan Tol Surabaya – Gempol, Jalan Tol Gempol – Pandaan, dan Jalan Tol Pandaan – Malang menuju Area Sawah/Kebun. Setelah itu, ambil jalan keluar menuju Purwodadi dari Jalan Tol Pandaan – Malang, kemudian menuju Jalan Tegalrejo untuk sampai ke lokasi.

Itulah dia pengalamanku berkunjung ke Kebun Teh Wonosari Malang yang cakep abieezz. Kalau ada kesempatan kalian harus kesana sih, asri, sejuk, indah bercampur jadi satu. Recommended banget pokoknya!

Artikel ini adalah bagian dari latihan komunitas LFI supported by BRI.

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.