Banner Besar Korean Stuff

Pembersih untuk Kulit Berminyak: Jenis dan Rekomendasi

Konten [Tampil]

Pembersih untuk Kulit Berminyak: Jenis dan Rekomendasi

Oily skin atau kulit berminyak adalah salah satu jenis kulit yang harus berhati-hati saat memilih skincare. Menurut pengalaman di sekitarku, salah beli skincare bisa menyebabkan breakout. Ngeri-ngeri sedap, ya? Pembersih untuk kulit berminyak adalah salah satu yang harus diperhatikan.

Pembersih yang dimaksud disini adalah make up remover, ya! Ingat teknik double cleansing? Cleanser atau make up remover ini adalah langkah awal atau first cleanser dalam teknik double cleansing ataupun step skincare ala Korea yang sudah pernah aku tulis.

Jenis Pembersih yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Cleanser memiliki beberapa jenis yang tidak semuanya cocok dipakai untuk oily skin. Nah, kalau pembersih untuk kulit berminyak itu yang gimana sih? Cekidot!

1. Micellar Water

Sesuai dengan namanya, micellar water adalah pembersih yang memiliki tekstur mirip dengan air, karenanya pembersih jenis ini ringan di wajah. Micellar water cocok digunakan sebagai make up remover atau pembersih kosmetik dan kotoran yang menempel di wajah.

Pembersih jenis ini dapat digunakan untuk single cleanser maupun double cleanser. Bukan kamu aja yang single, pembersih juga. Ehehe.

2. Gel Cleanser

Selain micellar water, pembersih lain yang memiliki tekstur ringan adalah gel cleanser. Pembersih ini mengandung bahan yang dapat melembabkan kulit.

Meskipun kulit kalian berminyak, memakai skincare yang dapat melembabkan juga penting, lho.

Fungsi utama dari gel cleanser adalah mengangkat kotoran serta minyak yang menempel di permukaan kulit, yang mana jika tidak diatasi akan menyebabkan jerawat menyinggahi kulit.

3. Clay Cleanser

Tidak hanya masker saja yang berasal dari tanah liat, pembersih juga ada lho yang memiliki bahan dasar dari tanah liat. Adalah clay cleanser, yang juga dapat dipakai sebagai pembersih untuk kulit berminyak.

Sayangnya, clay cleanser tidak cocok dipakai sebagai make up remover. Tapi tenang, pembersih ini kalo dipakai untuk first cleanser bisa banget.

Salah satu hal yang harus diingat saat kalian akan memilih cleanser jenis ini adalah perhatikan pembersih yang memiliki komposisi bentonite clay dan French green clay. Karena, kedua bahan ini dapat membuat kulit menjadi kemarau alias sangat kering.

4. Cleansing Wipes

Kalian wanita independen? Wanita karir atau wanita sibuk yang membutuhkan kepraktisan di dunia yang serba cepat ini? Cleansing wipes sepertinya bisa jadi jawaban dari apa yang kalian cari.

Cleansing wipes atau facial wipes adalah salah satu jenis pembersih berbentuk tisu pembersih wajah. Nggak perlu nuang pembersih ke kapas, tinggal usap aja pada wajah yang penuh dengan kotoran duniawi (re = debu dan kotoran).

Tapi, cleansing wipes ini tidak cocok dijadikan sebagai single cleansing, ya. Setelah memakai facial wipes, tetap dianjurkan untuk cuci muka lagi menggunakan facial wash.

Dokter Devia dalam klikdokter.com mengatakan, pemilik oily skin sebaiknya memilih cleanser yang mengandung tea tree dan juga salicylic acid. Keduanya bermanfaat mengontrol minyak berlebih di kulit wajah.

Rekomendasi Pembersih untuk Kulit Berminyak dari Brand Korea

Sudah tau ‘kan jenis pembersih yang cocok untuk kulit berminyak, nggak perlu galau lagi deh saat mau memilih pembersih untuk kulit berminyak. Nah, kalau begitu kita geser ke rekomendasi produk pembersih yang akan klop dengan oily skin.

1. Skin1004 Madagascar Centella Light Cleansing Oil + Madagascar Centella Ampoule Foam

Pembersih untuk Kulit Berminyak: Jenis dan Rekomendasi

Wah, nggak salah nih langsung dapat dua produk? Betul banget! Nggak perlu cari-cari first cleanser maupun second cleanser. Paket pembersih dari Skin1004 ini, cocok banget untuk kulit berminyak yang juga punya kulit sensitif.

Skin1004 mengklaim bahwa salah satu produk mereka ini sudah hypoallergenic. Selain itu, produk pengangkat kotoran ini telah melalui tes ahli yang hasilnya adalah dapat mengangkat 92,69% kotoran dalam sekali usap.

Beberapa kandungan yang terkandung di dalamnya antara lain kandungan surfaktan, plant oil, ester oil, soothing agent, pelembab dan soothing agent. Beberapa bahan alami juga tidak lupa ditambahkan, seperti centella asiatica extract dan helianthus annuus seed oil.

Informasi Tambahan

BPOM: NA 26211200852 (cleansing oil) dan NA 26211200851 (ampoule foam)

Kemasan: 200 ml (cleansing oil) dan 125 ml (ampoule foam)

Harga: 250 ribu 

2. Pyunkang Yul Low pH Cleansing Water

Pembersih untuk Kulit Berminyak: Jenis dan Rekomendasi

Kalian pasti udah nggak heran dong, ya, dengan merek skincare satu ini. Adalah Pyunkang Yul yang juga memproduksi serum yang ampuh banget untuk kulit kering. Serumnya sempat viral juga di Indonesia. 

Nah, brand ini juga memiliki cleanser yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk oily skin dan sensitive skin. Karena pembersih dari Pyunkang Yul ini memiliki low pH sehingga aman untuk semua jenis kulit. 

Seperti namanya, cleanser berwarna biru ini berbahan dasar air, kalo bahasa kerennya “water based”. Jadi, tekstur dari pengangkat dosa duniawi ini ringan di kulit. 

Produk Korea kalo nggak menambahkan bahan alami ke skincare-nya kayaknya ada yang kureng gitu. Seperti cleanser ini nih, memiliki kandungan centella asiatica, green tea extract dan juga tea tree

Selain membersihkan, pembersih satu ini juga dapat melembabkan dengan kandungan lima jenis hyaluronic acid dan ceramide yang ada didalamnya. Ada juga witch hazel dan AHA yang berfungsi untuk menyamarkan pori-pori. 

Benar-benar definisi sekali dayung dua pulau terlampaui ‘kan ya?

Informasi Tambahan

BPOM: NA 26221200741

Kemasan: 290 ml

Harga: 240 ribu

3. Innisfree Green Tea Hydrating Amino Acid Cleansing Water

Pembersih untuk Kulit Berminyak: Jenis dan Rekomendasi

Skincare Korea sangatlah peduli dengan kelembaban kulit. Mereka percaya bahwa kulit sehat kuncinya ada pada kelembaban kulit. Pokoknya jangan sampe mengalami hidrasi kulit! 

Selain dua produk diatas yang mengandung pelembab, pembersih satu ini juga memiliki kandungan pelembab sehingga hasil akhir yang didapat setelah membersihkan wajah adalah kulit yang segar dan lembab. 

Sesuai dengan namanya yaitu Innisfree Green Tea Hydrating Amino Acid Cleansing Water, pembersih ini dapat melembabkan dengan kandungan green tea di dalamnya. 

Selain green tea, ada juga asam amino dengan fungsi yang sama dengan green tea, yakni membersihkan dan juga memberikan kelembaban pada kulit. 

Yang menarik lagi, pH dari pembersih ini juga terbilang rendah. Sehingga, saat dipakai terasa lebih ringan dan juga tidak akan mengiritasi wajah. 

Informasi Tambahan

BPOM: NA 26231200172

Kemasan: 320 ml

Harga: 210 ribu

Kalau dilihat dari harganya, agak ngos-ngosan ya buat kaum mendang-mending seperti aku, wkwk. Tapi, kalo liat hasilnya pasti nggak akan menyesal. 

Disamping itu, rekomendasi pembersih untuk kulit berminyak dari Korea ini juga memiliki isi yang lumayan banyak, lho. Bisa awet sampe berbulan-bulan. Tertarik nggak nih kalian? 

Untuk selanjutnya, kita akan ‘gibah’ tentang facial wash untuk kulit berminyak. Yang mana facial wash ini digunakan sebagai second cleanser. Bukan second choice, ya, Upss. See you di artikel berikutnya!

Sumber: id.my-best.com, klikdokter.com

Lebih lamaTerbaru

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.