Banner Besar Korean Stuff

SATU Dentour: Solusi Tepat Atasi Rasa Takut ke Dokter Gigi

Konten [Tampil]

 

SATU Dentour: Solusi Tepat Atasi Rasa Takut ke Dokter Gigi

Ada salah satu profesi yang sering ditakuti, kalian bisa tebak nggak nih? Profesi tersebut adalah dokter. Seringkali seseorang yang bertugas untuk menyembuhkan ini ditakuti karena calon pasien khawatir dirinya mengidap penyakit berbahaya dan akan terdeteksi setelah pergi memeriksakan diri.

Bahkan ada juga alasan sepele yang menyebabkan rasa cemas tersebut datang, seperti takut jarum suntik. Padahal belum tentu pergi ke dokter berarti ketemu dengan suntikan. Atau bahkan alasan paling sering adalah takut dengan mahalnya biaya pengobatan.

Salah satu dokter yang juga jadi sasaran ketakutan tersebut adalah dokter gigi. Karena rasa takut tersebut, muncul istilah medis “dental anxiety”. Hayo, siapa nih yang suka takut ke dokter gigi?

Mengupas Apa Itu Dental Anxiety

SATU Dentour: Solusi Tepat Atasi Rasa Takut ke Dokter Gigi

Awal mengenal dental anxiety, aku berpikir bahwa istilah ini sebelas dua belas dengan anxiety disorder yang merupakan salah satu gangguan mental. 

Setelah mempelajarinya lebih dalam lagi, kedua istilah tersebut beda jauh, seperti aku dan dia, eaaa. Jika anxiety disorder adalah penyakit yang sulit atau bahkan tidak bisa disembuhkan, dental anxiety tidak. 

Dental anxiety merupakan rasa takut berlebihan untuk pergi ke dokter gigi. Penyebabnya ada bermacam-macam. Gangguan kecemasan ini bukan penyakit kronis yang tidak bisa sembuh. 

Namun, ketakutan/kecemasan pergi ke dentist ini bisa berkembang menjadi fobia berat. Tentunya, gangguan ini akan mempengaruhi kesehatan mulut dan kualitas hidup.

Meski begitu, dental anxiety bukanlah permasalahan langka dalam dunia medis. Banyak individu juga mengalami hal yang sama.

Gejala Dental Anxiety

Ada beberapa gejala yang menunjukkan seseorang mengalami dental anxiety. Diantaranya adalah bayangan negatif tentang prosedur pemeriksaan, mual dan pusing, berkeringat, detak jantung kian cepat dan yang paling kentara adalah menghindari janji temu dengan dokter.

Tak hanya itu, gejala lainnya yang juga dapat menunjukkan seseorang mengalami gangguan kecemasan ini adalah sulit tidur sebelum melakukan prosedur perawatan gigi.

Penyebab Dental Anxiety

Yang namanya sebab akibat itu pasti ada. Rasa cemas yang muncul saat akan/sedang melakukan perawatan gigi juga pasti ada penyebabnya.

Dilansir dari ispmi.com, ada 5 faktor penyebab munculnya gangguan kecemasan untuk pergi ke dokter gigi. Apa aja sih?

  1. Pernah mengalami pengalaman negatif.
  2. Memiliki rasa takut akan cedera dan rasa sakit.
  3. Genetik.
  4. Trauma emosional.
  5. Gangguan kecemasan umum.

Cara Mengatasi Dental Anxiety

Rasa cemas berlebihan saat akan pergi ke dokter gigi bisa diatasi dengan beberapa cara, diantaranya adalah.

  1. Melakukan teknik relaksasi.
  2. Membangun rasa percaya diri.
  3. Mencari bantuan yang mendasari gangguan kecemasan tersebut.
  4. Mencari profesional yang dapat memahami dan memiliki empati terhadap dental anxiety.
  5. Ekspresikan ketakutan dan kekhawatiran pada dokter gigi.
  6. Tidak berhenti melakukan eksplorasi mengenai pilihan obat penenang.

Lebih Dekat dengan SATU Dentour

SATU Dentour: Solusi Tepat Atasi Rasa Takut ke Dokter Gigi

Salah satu cara mengatasi dental anxiety yang menyebabkan munculnya rasa takut ke dokter gigi adalah mencari profesional yang tepat, dalam hal ini adalah dentist atau dokter gigi. Tak jarang ada dokter yang meremehkan ketakutan dan penyakit pasien.

Bukannya membaik, sikap nirempati tersebut malah akan semakin memicu ketakutan untuk pergi ke dokter. Untuk itu, mencari dokter yang bisa berperan sebagai ‘teman curhat’ adalah koentji keberhasilan mengatasi dental anxiety.

SATU Dentour yang diprakarsai oleh SATU Dental bisa jadi jawaban akan keresahan, kecemasan dan ketakutan pada dokter gigi. Apa sih SATU Dentour itu?

Jadi, SATU Dentour adalah klinik keliling dengan pelayanan pemeriksaan gigi gratis yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun, tentunya sesuai dengan jadwal yang berlaku. Pasien bisa melakukan pemeriksaan gigi gratis di dalam mobil, dan langsung ditangani oleh ahlinya.

SATU Dental sendiri merupakan the fastest growing dental chain dengan konsep one stop solutions untuk semua permasalahan gigi dan mulut, tentunya dengan harga terjangkau.

Salah satu klinik gigi terpercaya ini telah memiliki lebih dari 50 cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Surabaya.

Kesehatan mulut dan gigi sangat penting untuk dijaga. Sayangnya, kesadaran masyarakat untuk menjaganya masih sangat kurang. Salah satu penyebabnya adalah akibat adanya dental anxiety atau rasa cemas dan takut untuk pergi ke dokter gigi.

Selain beberapa penyebab dental anxiety yang telah disebutkan diatas, ada alasan lain yang dapat menyebabkan rasa cemas untuk mengunjungi dokter gigi. 

Seperti takut sakit, takut biaya yang tidak sedikit, dokter yang galak dan tidak ramah, bisa juga disebabkan oleh kondisi gigi yang sangat buruk sehingga takut mendapat omongan tidak enak.

Untuk itulah, SATU Dental melahirkan layanan curhat permasalahan gigi gratis pertama di Indonesia. Dengan adanya SATU Dentour, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan akses kesehatan mulut dan gigi secara gratis dimanapun dan kapanpun.

Tidak hanya itu, melalui pemeriksaan gigi gratis ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui kondisi kesehatan mulut dan gigi, serta langkah pencegahan dan penanganannya.

Sayangnya, tempat curhat keliling ini baru ada di beberapa kota besar Indonesia. Harapan kedepannya, semoga lebih banyak lagi daerah yang dijangkau oleh SATU Dentour, terutama di daerah dengan akses kesehatan yang kurang.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di SATU Dentour

Acara ini dikemas dalam kampanye #GoAwayDentalAnxiety dengan serangkaian kegiatan yang menyenangkan. Dengan begitu, image seram dokter gigi di mata masyarakat akan luntur, sehingga masyarakat #GakTakutLagi untuk pergi ke dokter gigi.

Nah, apa saja sih kegiatan seru yang bisa dilakukan di SATU Dentour?

1.  Curhat Permasalahan Gigi

Curhat nggak melulu soal percintaan, permasalahan gigi juga bisa jadi topik utama dalam sesi curhat. Disini, kalian bisa berkeluh kesah tentang kegalauan kondisi gigi dengan dokter gigi di SATU Dentour. Tentunya, sesi sharing ini tidak dipungut biaya alias gratis.

2.  Cek Kondisi Gigi

Tidak hanya konsultasi masalah gigi, di klinik berjalan ini kalian juga bisa memeriksa kondisi gigi. Dan lagi-lagi, layanan ini dapat dinikmati dengan gratis!

3.  Fun Games dan Perebutan Official Merchandise SATU Dental

Ada juga fun games yang akan lebih mewarnai event ini. Game-game seru ini semakin menegaskan keramahan dokter gigi. Dalam fun games tersebut, pemain akan memperebutkan official merchandise dari SATU Dental.

Selain merchandise, ada juga treatment voucher di SATU Dental yang dibagikan secara cuma-cuma untuk pasien yang hadir. Lumayan ‘kan?

Treatment voucher tersebut bisa dimanfaatkan untuk menikmati layanan di klinik SATU Dental, yang terdiri dari.

  • Pemasangan behel atau kawat gigi.
  • Pencabutan gigi yang mengalami masalah.
  • Crown gigi, atau pemasangan gigi selubung diatas gigi yang rusak.
  • Dental message, perbaikan penampilan gigi dengan menempelkan veneer pada gigi.
  • Dental spa, perawatan menyeluruh untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.
  • Pemasangan gigi palsu, untuk menggantikan gigi yang hilang/rusak juga menjaga bentuk wajah.
  • Implan gigi, penanaman alat sekrup titanium yang memiliki fungsi menggantikan akar gigi.
  • Perawatan akar dan saraf, untuk mengobati kerusakan pada akar dan saraf gigi.
  • Perawatan gigi anak, dengan usia maksimal 7 tahun.
  • Perawatan gusi, untuk mengatasi, mencegah dan mengobati masalah pada gusi.
  • Scaling atau pembersihan karang gigi yang ada di permukaan gigi dan gusi.
  • Tambal gigi, untuk memperbaiki gigi yang telah rusak akibat berlubang atau patah.
  • Whitening/bleaching gigi, untuk mencerahkan gigi.

SATU Dentour: Solusi Tepat Atasi Rasa Takut ke Dokter Gigi

Untuk bisa menikmati keseruan SATU Dentour dan mendapatkan treatment voucher gratis yang disediakan, kalian bisa menyambangi klinik berjalan ini mengunjungi kota kalian. Jadwal kunjungannya bisa dicek di website resmi SATU Dental

Jangan lupa datang, ya! Mari kita lawan rasa takut ke dokter gigi bersama SATU Dentour.

Sumber: investor.id, ispmi.or.id, republika.co.id, satudental.com

Lebih lamaTerbaru

1 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Sudah lama bgt gak ke dental gigi. Terakhir pas bocil bgt ke dental gigi. Btw penting sih buat periksa gigi sejak dini. Hehe


    Newsartstory

    BalasHapus