Banner Besar Korean Stuff

Digitalisasi BRI, Berikan Kemudahan & Kebebasan Bertransaksi

Konten [Tampil]

Digitalisasi BRI, Berikan Kemudahan & Kebebasan Bertransaksi

Kalian sadar nggak sih kalau dunia berjalan begitu cepat? Kita pun dituntut untuk mengimbanginya. Oleh karena itu, teknologi diciptakan dan dikembangkan untuk membantu kegiatan manusia dalam mengimbangi kerja dunia yang cepat.

Salah satu kemajuan teknologi yang melekat di sekeliling kita ada pada bidang perbankan. Contoh sederhananya adalah pembayaran di minimarket yang tinggal scan kode di smartphone, alias nggak pakai uang tunai. 

Atau belanja baju dan kebutuhan lain yang bisa sangat cepat berkat adanya online shop. Nggak perlu ribet pergi ke pasar atau swalayan dulu. Berbagai contoh kemudahan yang sering kita jalani tersebut dinamakan dengan digitalisasi. 

Dan digitalisasi tersebut sangat membantu kita berjalan seirama dengan sibuknya dunia ini. Kalian merasakannya juga?

Bagaimana Kemajuan Digitalisasi Keuangan di Indonesia?

Meskipun Indonesia masih belum masuk ke dalam jajaran negara maju, ada hal lain yang sangat patut untuk dibanggakan. Yaitu kemajuan digitalisasi keuangan yang ada di Indonesia.

Contohnya adalah QRIS yang merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Dimana kode ini berfungsi sebagai jembatan berbagai bank dan e-wallet yang ada di Indonesia.

Dilansir dari bi.go.id, QRIS adalah penyatuan kode QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama BI atau Bank Indonesia yang berfungsi untuk mempermudah pembayaran.

Dengan memakai QRIS, kita tidak perlu repot-repot mengetikkan nomor rekening untuk melakukan pembayaran. Dengan satu kode, kita bisa melakukan transaksi, baik melalui bank maupun e-wallet.

Selain QRIS, masih banyak pilihan jenis pembayaran/alat transaksi di Indonesia. Seperti e-wallet atau dompet digital, mobile banking, internet banking dan virtual account. Kalian tinggal memilih sesuai preferensi dan kenyamanan.

Digitalisasi BRI, Berikan Kemudahan & Kebebasan Bertransaksi

Kemajuan digitalisasi keuangan di Indonesia berkembang pesat saat pandemi COVID-19, dimana pada saat itu segala aspek kehidupan dijaga dengan protokol kesehatan yang ketat.

Adanya digitalisasi keuangan ini, berarti kita telah beralih transaksi menggunakan uang cash menjadi cashless. Nah, apa sih keuntungan transaksi nontunai atau cashless itu?

1. Terhindar dari Bakteri/Virus

Apa hubungannya kuman dan uang nontunai? Apakah kalian pernah berpikir bahwa sebenarnya uang itu kotor? Jujur nih, ya, dulu aku sama sekali tidak menyadari hal ini. Hingga saat pandemi, banyak pihak yang mendorong untuk menggunakan uang non tunai daripada uang tunai.

Karena ternyata, uang bisa menjadi salah satu media penyebaran virus. Dari satu tangan ke tangan yang lain, dari satu tempat ke tempat yang lain. Kita tidak tau siapa saja yang memegang uang tersebut sebelumnya.

Dengan memakai transaksi cashless yang berarti kita melakukan pembayaran tanpa harus mengeluarkan uang tunai, kita akan terhindar dari bakteri atau virus yang bisa saja menempel pada alat transaksi tersebut.

2. Transaksi Lebih Mudah, Praktis dan Efisien

Manfaat kedua dari memakai uang non tunai adalah transaksi jadi lebih mudah, praktis dan efisien. Pembeli tidak perlu repot-repot membayar belanjaan dengan nominal yang pas, penjual pun tidak kesusahan mencari kembalian. 

Yang pernah jualan atau jadi kasur pasti related dengan hal ini, dimana nyari uang kecil itu agak susah, apalagi menjelang hari raya. 'Uang gede' keluar semua, euy

Selain itu, bawaan juga lebih praktis dengan meninggalkan dompet di rumah. Tinggal bawa smartphone saja bisa bebas jajan sepuasnya. Bisa melalui m-banking atau e-wallet kesayangan.

3. Risiko Pencurian Uang yang Rendah

Tas dan dompet adalah dua benda yang rawan copet jika berada di tempat umum atau tempat yang ramai. Kalau bawa smartphone, cukup dimasukkan ke dalam saku baju saja. Risiko kecopetan pun lebih rendah.

4. Banyak Diskon

Hal yang paling menarik dari memakai cashless adalah banyak promo dan diskon, baik di dompet digital maupun aplikasi mobile banking. Selain diskon, merchant maupun aplikasi juga biasanya memberikan cashback untuk penggunanya.

Apa Saja Produk Digital BRI yang Dapat Dimanfaatkan Nasabah?

Salah satu bank yang turut serta mendukung kemajuan digitalisasi di Indonesia adalah Bank Rakyat Indonesia atau yang memiliki 'nama panggung', "BRI". Digitalisasi ini merupakan salah satu langkah BRI yang berperan sebagai salah satu perusahaan ESG initiative di Indonesia.

Digitalisasi BRI, Berikan Kemudahan & Kebebasan Bertransaksi

Lalu, apa saja produk transaksi dan digitalisasi BRI yang bisa kita nikmati?

1. BRImo

Nasabah BRI pasti sudah tidak asing dengan aplikasi m-banking dari BRI ini. Bagiku, BRImo sudah seperti sahabat dalam bertransaksi. Ada banyak layanan yang tersedia dalam super app ini.

Mulai dari online onboarding baik dari dalam maupun luar negeri, pembelian, pembayaran, asuransi, investasi dan pencatatan keuangan. Semua layanan tersebut bisa dinikmati dari mana pun dan dimana pun.

Jika biasanya saat akan meminta mutasi kita harus ke bank terdekat, dengan BRImo mutasi bisa dilihat secara real time.

2. ATM BRI & Mini ATM BRI

ATM adalah salah satu produk digital yang sudah ada sejak lama dan tentunya selalu update dengan perkembangan fitur terbaru. Tidak hanya tarik tunai, ATM juga bisa digunakan untuk setor tunai, transfer, cek saldo, pembelian, pembayaran, registrasi e-Banking dan masih banyak lagi.

Bahkan BRI juga telah memiliki ATM Drive Thru yang akan memudahkan nasabah. Dengan menggunakan ATM ini, nasabah tidak perlu turun dari kendaraan untuk melakukan transaksi.

3. BRIZZI

BRIZZI adalah produk uang elektronik dengan teknologi chip yang berfungsi sebagai pengganti uang tunai. BRIZZI berupa kartu fisik yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dan transaksi lain.

Kartu BRIZZI tidak memiliki saldo minimal dan administrasi bulanan seperti kartu ATM BRI. Tidak hanya itu, kartu ini juga dapat dialih milikkan pada orang lain dengan cara memberikannya pada penerima.

Sayangnya, BRIZZI memiliki batas maksimal saldo sebesar 2 juta dan batas nilai transaksi sebesar 20 juta. Selain itu, jika mengalami kehilangan, kartu ini tidak dapat diblokir seperti halnya kartu ATM.

4. QLola

QLola merupakan Integrated Corporate Solution Platform atau Platform Solusi Perusahaan Terintegrasi yang memiliki kemudahan akses ke berbagai layanan dan produk BRI hanya dengan satu kali login.

Beberapa fitur yang bisa disediakan oleh QLola adalah financial dashboard, cash management, trade finance, bank guarantee, supply chain management, foreign exchange, investment service, remittance tracker, open API services, serta cash card.

5. EBuzz

EBuzz adalah layanan perbankan yang bertempat di sebuah kendaraan yang telah didesain sedemikian rupa. Layanan ini merupakan kantor bergerak yang dapat berpindah tempat.

Meski hanya berada di dalam sebuah kendaraan, ada beberapa layanan yang dapat dinikmati. Diantaranya adalah pembukaan tabungan, registrasi e-tabungan, ATM dan Mini ATM.

6. Digital CS

Mau ganti kartu debit yang kadaluarsa tapi malas pergi ke kantor bank? Kalo kalian ada di kota besar dan dekat dengan mesin digital CS, bisa banget langsung mendatangi mesin tersebut.

Nggak hanya melayani penggantian kartu debit, digital CS juga dapat melayani layanan lain seperti pembukaan rekening, penerbitan kartu debit, pencetakan rekening koran, passbook printing, reissue PIN, enable kartu dan kirim rekening koran via email.

7. TCR (Teller Cash Recycler)

Layanan digital lain dari BRI adalah Teller Cash Recycler atau yang biasa disingkat menjadi TCR. Layanan ini adalah perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk mempercepat proses transaksi tunai nasabah, tentunya dengan keamanan yang terjamin.

Dua fitur utama dari mesin ini adalah tarik tunai dan setor tunai. Ada berbagai denominasi atau besaran uang yang bisa dipilih.

8. Ceria

Jaman sekarang belanja semakin dimudahkan dengan adanya berbagai aplikasi yang menyediakan layanan pay later atau pinjaman. Bank BRI nggak mau ketinggalan dengan meluncurkan aplikasi Ceria.

Ceria merupakan aplikasi pinjaman digital yang digunakan untuk pembayaran e-commerce, online travel site atau ride sharing. Tentunya, aplikasi ini telah terdaftar dan diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Bagaimana Pengalamanku Memanfaatkan Digitalisasi BRI?

Digitalisasi BRI, Berikan Kemudahan & Kebebasan Bertransaksi

Sebagai nasabah dari Bank BRI, tentunya aku sering bertransaksi menggunakan rekening BRI di samping menggunakan e-wallet juga. Lalu, bagaimana pengalamanku memanfaatkan layanan yang disediakan oleh bank yang telah berdiri sejak tahun 1895 ini?

1. ATM dan Brilink

Dilansir dari kompas.com, BRI merupakan bank dengan cabang dan layanan ATM terbanyak di Indonesia. Saat membaca informasi tersebut aku otomatis nyeletuk “Pantesan aja!”, cukup mudah untuk menemukan mesin ATM dan Brilink di daerah ku yang berada di perbatasan dan jauh dari pusat kota.

Bahkan disini pun ada kantor cabang BRI. Alhasil kebanyakan masyarakat sekitar daerah tempat tinggal ku memiliki rekening BRI. Dulu, saat aku KKN di daerah yang lebih terpencil pun cukup mudah menemukan ATM BRI. Meskipun daerah yang ku tempati selama 1 bulan tersebut jauh dari kemodernan duniawi, masih gampang kalo mau narik uang.

Dengan dekatnya akses ke kantor cabang, mesin ATM dan Brilink, tentunya aku sering bertransaksi menggunakan layanan-layanan tersebut. Karena aku setiap bulan menerima gaji via transfer bank, alhasil aku harus sering-sering mengunjungi tempat yang menyediakan ATM untuk tarik tunai.

Untungnya disini bertebaran mesin ATM dimana-mana, nggak perlu ribet mikir biaya admin deh kalo mau tarik tunai. Sayangnya, meski mudah ditemukan, tak jarang alat untuk tarik tunai milik Bank BRI ini sering mengalami masalah. Bahkan ATM di kantor cabang pun sering banget error.

Nah, kalo Brilink biasanya yang pake tuh orang tua ku, tante sama budhe. Biasanya beliau pakai jasa yang ditawarkan untuk transfer uang tunai. Adanya Brilink memudahkan banget. Kalo dulu transfer harus ke bank terlebih dahulu atau minimal harus berani 'memainkan' mesin ATM, sekarang nggak perlu repot-repot ke kantor cabang terdekat.

Ibaratnya, tinggal ngesot aja udah nyampe. Karena saking dekatnya dari rumah.

2. BRImo

Ini nih, layanan dari BRI yang paling aku suka. Sejak memakai BRImo hidupku semakin mudah. Mau isi saldo e-wallet, transfer uang dan cek saldo nggak perlu keluar rumah lagi. Cukup ngintip smartphone aja!

Aku sendiri sering banget belanja di e-commerce, otomatis harus isi saldo terlebih dahulu karena jarang banget pake pembayaran via transfer bank. Biar nggak bolak-balik bayar admin transfer bank, ku siasati dengan isi saldo e-wallet dengan pakai BRImo. Lumayan, bisa mengurangi polusi udara dengan tidak pergi ke minimarket terdekat. 

Enaknya lagi, di aplikasi ini banyak promo-promo bertebaran. Selain itu, untuk yang suka main saham dan tertarik atau sudah memiliki saham BRI, di BRImo juga ada banyak promo menariknya. Aku sering dapat notifikasinya. Cuma dapat aja nggak dibuka, karena nggak main saham, ehehe.

Desain UI/UX nya juga eye catching banget. Untuk penderita rabun jauh seperti aku, aplikasi ini sangat-sangat friendly. Nggak bikin sakit mata dan nggak bikin pengguna kesulitan untuk mencari fitur-fitur yang ditawarkan.

3. QRIS dan Mesin EDC

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, QRIS bisa dikatakan sebagai pemersatu. Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank BRI juga turut serta mendukung perkembangan QRIS. Mereka menyediakan layanan pendaftaran QRIS untuk pelaku usaha, tak terkecuali UMKM.

Sering sekali aku menjumpai QRIS dari Bank BRI di merchant tempat belanja di sekitarku. Tinggal scan dan bayar, beres deh. Ada juga yang namanya QRIS tampil, kalo yang ini pemilik rekening nggak perlu scan, tinggal menunjukkan kode yang ditampilkan dan beres.

Ada QRIS, ada juga mesin EDC yang biasanya jadi sepasang kekasih. Tapi beneran lho, dua teknologi ini biasanya hadir sepaket di meja kasir menemani mbak/mas kasir menjalankan tugas.

Selain bayar dengan memanfaatkan aplikasi, BRI juga menyediakan opsi bertransaksi memakai kartu debit dengan menggunakan mesin EDC. Buat yang belum pernah, nggak perlu takut, ya! Pihak merchant akan menuntun customer. Biasanya, pelanggan yang memakai mesin mungil ini hanya disuruh untuk memasukkan pin kartu aja.

Apa Saja Tips Aman Bertransaksi Secara Digital?

Gimana nih, sudah dapat gambaran mengenai kemajuan digitalisasi BRI belum? Dibalik kemudahan yang ditawarkan, ada berbagai hal yang harus diwaspadai. Bahaya-bahaya tersebut disebut dengan social engineering.

Tapi tenang, ada tips-tips yang bisa kalian patuhi dan terapkan. Check it out!

  1. Mengubah password m-banking dan e-wallet setiap 3 bulan sekali.
  2. Hindari melakukan transaksi digital menggunakan komputer publik.
  3. Hati-hati dengan penipuan bermodus klik link, jangan mengklik link yang tidak jelas.
  4. Periksa saldo secara teratur, bila perlu cek mutasi secara berkala.
  5. Hati-hati saat memberikan informasi mengenai rekening pribadi.
  6. Jangan sembarang mengkonfirmasi pembayaran.

Penutup

Dunia digital yang keliatan memudahkan juga memiliki sisi lain yang harus tetap diwaspadai. Tapi, jika kita bijak saat menggunakannya, kejadian merugikan, seperti penipuan, pada dunia digital akan terhindarkan.

Sumber: bi.go.id, bri.co.id, finansial.bisnis.com, sikapiuangmu.ojk.go.id

9 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Komplit ulasannya kak tentang fitur Brimo dan layanan BRI lainnya. Memang bener kalau ini adalah bank-nya rakyat Indonesia

    BalasHapus
  2. Untung rekening BRI ku belum aku tutup. ATM nya juga masih bisa dipakai. Tinggal donload apilkasinya nih... Ternyata jadi nasabah BRI selalu untung ya... Jadi makin semangat nih nabungnya...

    BalasHapus
  3. Kemarin perjalanan ke pelosok Sulsel, ke daerah pegunungan yang susah jaringan dan listrik pun belum merata. Dibuat kagum dengan layanan BRI yang ternyata sudah menjamah daerah pelosok. Memberikan kemudahan untuk warga hingga pelosok tanah air. Hebat BRI!

    BalasHapus
  4. Perubahan dunia perbankan saat ini luar biasa banyaknya. Saat ini semakin banyak kemudahan yang diberikan baik untuk pembayaran tagihan hingga proses pembayaran belanja
    Apalagi BRI nih, sudah kuat SImpedesnya, semakin kuat dengan BRImonya

    BalasHapus
  5. Asal selalu menjaga keamanan data pribadi dan kode OTP, kayaknya transaksi di dunia digital bakalan mulus dan lancar-lancar aja kok. Apalagi pakai Bank BRI dengan ragam fasilitasnya, aku pakai BRImo aja udah enak banget. Tinggal scan by QRIS nggak perlu login lagi, langsung satset semua transaksi pembayaran. Ah nyaman banget dunia transaksi digital saat ini, emang beri kemudahan.

    BalasHapus
  6. Tidak hanya di minimarket, para penjual gerobakan pun mulai menyediakan pembayaran Qris. Ini saya alami saat membeli mie ayam dekat rumah. Hal ini tentu membuat kita mau tidak mau, siap tidak siap untuk mengikuti kemajuan digitalisasi perbankan yang begitu cepat.

    BalasHapus
  7. BRIZZI dan Qris nampaknya jadi andalan untuk kemudahan bertransaksi ya. Dan semoga pihak bank menjaga keamanan dan kerahasiaan nasabah

    BalasHapus
  8. Sekarang sudah era digital, lupa ambil uang tunai juga g jadi masalah karena pedagang kaki lima juga sebagian sudah menyediakan qriss

    BalasHapus
  9. emang enak banget hidup di zaman sekarang, semua serba mudah. cuma jadi ngeri juga kalau sampai tergabtung dengan dunia digital, sekalinya listrik down sudah kacau deh

    BalasHapus